Wednesday, September 25, 2013

Psikologi Warna Pada Interior



>Biru:   Apa Anda ingin mengecat ruangan dengan warna biru? Biru merupakan warna favorit dari laki-laki dan juga perempuan. Biru memberikan kesan teduh, santai, menenangkan dan membuat kita menjadi lebih religius. Biru juga dapat meningkatkan produktivitas, jadi biru adalah pilihan yang tepat untuk ruangan anak, dimana dapat membuat mereka lebih rajin belajar.
Biru juga dianggap sebagai warna yang bersih, jadi biru juga cocok untuk kamar mandi. Namun, biru tidak cocok untuk dapur, karena biru dapat menekan nafsu makan. Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan, bisa aplikasikan warna biru pada dapur Anda.
Warna ini mengesankan warna laut dan langit yang memberikan ketenangan dan kenyamanan. Warna ini cocok digunakan untuk kamar tidur karena memberikan kesan luas dan lega.

>Abu-abu:Abu-abu cenderung dapat meningkatkan kreativitas, sangat baik diaplikasikan pada kantor   atau studio.  Abu-abu juga banyak disukai karena merupakan warna eksekutif.
Biasanya dipakain untuk rumah yang bergaya minimalis. Warna abu-abu memberikan kesan luas, stabil dan tentram. Tetapi perlu diingat warna abu-abu yang berlebihan akan membuat suasana rumah yang terlalu dingin.

*Biru dan abu-abu. Biru dan abu-abu sangat cocok untuk kamar tidur pria, tapi juga sesuai bagi pasangan sibuk yang ingin bersantai. Biru telur asin member kesan sejuk, tapi jika tidak ingin kamar Anda terlihat seperti ruangan rumah sakit, kombinasikan dengan furnitur warna putih. Gabungan kedua warna ini memberikan kesan lebih segar. Biru pucat juga bisa menjadi background yang sempurna untuk menonjolkan lukisan atau karya seni di dinding maupun meja.

>Merah:Merah memiliki efek sebaliknya dengan biru. Merah dapat meningkatkan tekanan darah dan laju respirasi. Merah juga dapat membuat orang lupa waktu dan merangsang nafsu makan. Merah adalah warna yang kuat, maka sangat baik digunakan sebagai aksen. 
Warna merah ini cocok untuk Anda yang berenergi, aktif, hangat dan bersemangat. Pengunaan warna merah yang berlebihan dapat memberikan kesan kemarahan dan ambisi. Sebaiknya warna merah tidak digunakan untuk kamar tidur karena merah memberikan kesan yang sangat kuat dan mencolok.

>Kuning:Kuning cenderung menyebabkan mata lelah. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme dan menggaggu bayi. Orang juga cenderung kehilangan kesabaran ketika mereka berada dalam ruangan berwarna kuning. Namun, kuning sering membuat banyak orang merasa ceria, energik dan bahagia.
Warna kuning mengingakan dengan sinar matahari yang memberikan semangat. Warna kuning sering disamakan dengan warna emas yang melambangkan kemakmuran dan kemewahan. Oleh karena itu warna kuning  sangat cocok bila dipakai untuk ruang kerja.

>Pink:  Pink adalah warna yang memiliki asosiasi budaya yang feminin. Tetapi, penelitian menunjukkan bahwa ruangan dengan warna pink dapat mengurangi emosi untuk sementara.
Pink  umumnya memberikan kenyamanan dan sangat disukai oleh anak perempuan. Pink merupakan pilihan yang baik untuk kamar anak perempuan, dan akan sangat cocok jika dipadkan dengan warna lavender.

*Mauve pucat dan pink. Mungkin Anda berpikir, pemakaian warna pink lebih cocok untuk kamar tidur gadis kecil. Tapi pink bisa menghadirkan suasana romantic dan feminin. Agar tampak lebih dewasa, berikan sentuhan warna hitam pada karpet atau furnitur. Perpaduan warna kontras ini membuat kamar tampak kontemporer dan tidak membosankan. Tapi jika lebih suka nuansa klasik feminin, paduan pink atau mauve pucat dengan warna-warna netral seperti krem atau putih.

>Hijau: Hijau mewakili berbagai macam warna-warna alami. Seperti biru, hijau cenderung tenang, rileks dan sering digunakan sebagai terapi. Untuk warna interior, zaitun dan hijau tampaknya akan menarik perhatian karena karakter warnanya yang netral. 

Hijau. Hijau merupakan warna yang paling menenangkan mata. Kombinasi kualitas warna biru yang menyegarkan dan warna kuning yang cerah membuat hijau cocok diimplementasikan hampir di setiap ruangan di rumah. Pada kamar tidur, hijau membentuk suasana santai dan menyenangkan. Hijau juga memberikan efek menenangkan saat dijadikan warna utama untuk dekorasi. Warna ini dipercaya untuk melepaskan stress dengan membantuorang menjadi rileks. Selain itu, warna hijau ternyata juga dipercaya untuk meningkatkan kesuburan sehingga menjadi pilihan yang baik dalam kamar tidur.

>Orange:Warna orange memberi kesan hangat dan ramah. Sangat cocok dan nyaman jika diaplikasikan pada dapur Anda, karena warna orange dapat meningkatkan nafsu makan.

>Ungu: Secara historis, ungu adalah warna raja. Bisa dibilang ungu adalah warna yang paling mewah dan sering berkonotasi misteri atau spiritual. Warna ungu biasanya disukai oleh remaja wanita, maka sangat cocok diaplikasikan pada kamar remaja wanita. Dalam nuansa tertentu, ungu sangat halus dan fleksibel.

*Ungu muda. Warna ungu muda seperti lavender dan lilac memberikan kualitas yang baik pada kamar tidur. Efek menenangkannya sama seperti yang dibentuk oleh warna biru, tetapi tanpa efek dingin sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

>Hitam: Apakah Anda memiliki anak remaja yang ingin kamarnya dicat warna hitam? Jika iya, coba arahkan anak Anda agar tidak memilih warna hitam. Karena hitam merupakan warna yang memberi kesan kegelapan. Walaupun di sisi lain, warna hitam merupakan warna yang yang memberi kesan abadi, berkelas dan canggih.
Warna gelap biasanya membuat ruangan tampak lebih kecil. Namun, jika ruangan Anda berwarna netral dipadukan dengan perabotan berwarna hitam, akan memunculkan kesan elegan dan memberikan kesan kontemporer untuk ruangan tradisional.


>Coklat:Warna coklat cenderung menenangkan dan nyaman. Coklat sangat cocok untuk kamar dan ruang keluarga. Ruangan anda akan menarik perhatian jika diaplikasikan dengan warna coklat dipadukan dengan warna biru puat atau warna kekuning-kuningan.

>Krem dan warna-warna natural. Krem atau warna-warna natural lainnya bisa digunakan untuk menciptakan efek netral dan klasik pada kamar tidur. Warnai dinding Anda dengan palet krem, beige, putih atau magnolia dan kombinasikan dengan tirai linen berdetail rumbai atau bordiran untuk menambahkan kesan feminin. Hal terbaik tentang penggunaan kamar natural pada kamar tidur, menciptakan ruang lebih lengang dan tenang. Agar tidak terlihat terlalu monoton, gunakan warna-warna terang pada sprei, sarung bantal, karpet atau sofa jika ada. Namun, tetap perhatikan harmonisasi warna.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.