Tuesday, July 24, 2012

Tahukah kamu? part 9



bahwa kentang adalah makanan yang sangat populer di berbagai tempat di dunia sekarang? Kentang ditanam di 125 negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia."

bahwa desa nelayan Zihuatanejo (diucapkan "Siwataneho"), yang tenang konon ditemukan oleh Hernán Cortés pada 1524 ketika ia memimpin penyerangan ke Meksiko?"

bahwa kita membutuhkan sekitar 2.000 biji kopi untuk menghasilkan satu pon bubuk kopi?"

bahwa setiap tahun, penduduk Bavaria di Jerman serta tamu-tamu mereka meminum 1,2 juta galon bir pada perayaan Oktoberfest? Perayaan Oktoberfest yang pertama diadakan pada 1810 untuk merayakan pernikahan Raja Ludwig I dari Bavaria."

bahwa bangsa Spanyol mengklaim bahwa Gonzalo Jiménez de Quesada adalah orang pertama yang memperkenalkan kentang ke Eropa pada tahun 1550? Sementara itu, orang-orang Irlandia mengatakan bahwa kentang baru diperkenalkan ke Eropa oleh Sir Walter Raleigh pada 1585."

bahwa agen-agen FBI baru diizinkan membawa senjata api pada 1934, 26 tahun setelah lembaga itu dibentuk?"

bahwa sebelum Tiongkok menganeksasi Tibet pada 1952, 25 persen laki-laki di negara itu adalah biarawan Buddhis?"

bahwa John Adams maupun Thomas Jefferson, masing-masing presiden ke-2 dan ke-3 Amerika Serikat meninggal pada hari yang sama, yaitu 4 Juli 1826, dengan hanya berbeda beberapa jam saja? Hari kematian mereka jatuh pada hari peringatan ke-50 kemerdekaan negara mereka."

bahwa saat pertama kali Dick dan Mac McDonald pertama kali membuka gerai makanan McDonald's yang saat ini terkenal dengan dengan hamburgernya tahun 1937, mereka hanya berjualan hot dog dan baru berjualan hamburger 11 tahun kemudian."

bahwa penundaan dalam pertandingan catur pertama kali diperkenalkan di Paris pada 1878? Pada penundaan, pemain memasukkan catatan langkah berikutnya ke dalam amplop yang disegel. Kini pemain catur jarang melakukan penundaan."

bahwa pada Perang Saudara Amerika, tiba-tiba pasukan Negara Utara membutuhkan ratusan ribu pakaian seragam untuk tentaranya? Hal ini melahirkan industri pakaian siap pakai."

bahwa bakteri, yaitu sel hidup yang paling kecil begitu kecil ukurannya sehingga satu tetes cairan dapat mengandung 50 juta bakteri?"

bahwa Kanada mempunyai lebih banyak toko donat per kapita dibandingkan dengan negara manapun juga?"

bahwa pola belang pada zebra unik, tidak ada dua zebra yang memiliki pola belang yang sama, sama uniknya dengan sidik jari pada manusia."

bahwa koala dan manusia sama-sama mempunyai sidik jari yang unik? Sidik jari koala tidak dapat dibedakan dari sidik jari manusia!"

bahwa di Danau-danau Besar, Amerika Utara, tergeletak lebih dari 6000 bangkai kapal? Salah satunya yang terkenal adalah SS Edmund Fitzgerald yang tenggelam pada tanggal 10 November 1975 pada sebuah badai yang hebat di Danau Superior."

bahwa Charles Grigg dari Missouri menciptakan sejenis minuman dengan rasa lemon dan jeruk nipis pada 1929 yang dinamainya ""Bib-Label Lithiated Lemon-Lime Soda"? Empat tahun kemudian ia mengganti namanya menjadi 7 Up, dan penjualannya langsung meningkat hebat."

bahwa kota-kota di Jawa Barat tidak pernah menggunakan nama Hayam Wuruk dan Gajah Mada sebagai nama jalan, padahal pemberian nama seperti itu adalah suatu yang umum terjadi pada jalan-jalan di di kota-kota di Indonesia? Konon hal ini terjadi karena dendam suku Sunda terhadap tragedi Perang Bubat tahun 1357 M.

bahwa komet Halley, salah satu komet yang paling terkenal, kembali terlihat dari bumi setiap 76 tahun? Komet ini telah diamati dan dicatat selama lebih dari 3000 tahun."

bahwa Gedung Putih mempunyai 34 kamar mandi?

bahwa intan "Hope" diperoleh Raja Louis XIV pada 1668? Permata ini dikenakan oleh Marie Antoinette 120 tahun kemudian, dan kini disimpan di Smithsonian Institution. Permata biru ini beratnya 44,5 karat.

bahwa di seluruh dunia terdapat lebih dari 3.000 jenis teh?

bahwa kosa kata Bahasa Sunda tidak memiliki kata khusus yang menerangkan warna biru. Kata hejo yang secara harfiah berarti hijau, juga digunakan untuk menerangkan warna biru.

bahwa tikus pohon bersarang di atas pohon, dan seumur hidupnya mungkin tidak pernah menjejakkan kakinya di tanah?"

bahwa jika sel saraf disambungkan, panjangnya mencapai 50.000 km?

bahwa pada tahun 1770 meletus "Perang Kentang" yang terjadi karena gagalnya panen kentang di Eropa? Akibatnya Friedrich Agung dan Maria Theresia masing-masing memerintahkan tentaranya mencuri kentang lawannya, karena krisis pangan yang hebat. Perang ini berakhir ketika kentang habis."

bahwa sekitar 30 persen pemain NBA mempunyai tato, sementara hanya 4 persen warga biasa Amerika Serikat yang mempunyainya di tubuh mereka?"

bahwa rata-rata orang Amerika memakan sekitar 63,5 kg kentang setiap tahunnya, sementara orang Jerman memakan sekitar 90,7 kg kentang?"

bahwa ketika Pepsi Cola pertama kali diproduksi, namanya adalah Brad's Drink?"

bahwa Rowena M. Bruce adalah satu-satunya pemain catur yang pernah bertanding dalam dua kejuaraan dunia catur dalam sebuah turnamen pada hari yang sama? Pada pertandingan di Plymouth, Inggris, tahun 1938, ia bertanding dalam kejuaraan dunia catur untuk perempuan melawan Vera Menchik di pagi hari dan sorenya ia bertanding melawan Alexander Alekhine."

bahwa di negara bagian Alaska, Amerika Serikat, ada 83 kota dan desa yang melarang penjualan minuman keras sama sekali?"

bahwa parfum mengandung etanol dan 25% minyak wewangian? Sementara itu eau de cologne lebih murah, karena kandungan minyak pengharumnya hanya 3%."

bahwa Platipus adalah satu-satunya hewan menyusui yang bertelur."

bahwa Elizabeth Taylor meminta bayaran AS$ 1 juta untuk perannya dalam film Cleopatra? Peran ini mulanya ditawarkan kepada Joan Collins, namun ia menolak. Itu adalah kali pertama seorang bintang film dibayar dalam jumlah yang sebesar itu."

bahwa dalam waktu 50 tahun setelah Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak pada pertengahan abad ke-15, lebih dari 6 juta buku diterbitkan dengan topik di bidang hukum, sains, puisi, politik, dan agama."

bahwa permainan ular tangga didasarkan pada ajaran karma dalam agama Hindu? Perbuatan yang baik akan membuahkan hasil yang positif, sementara perbuatan yang jahat akan menyebabkan mala petaka."

bahwa cuma ada dua negara yang memiliki lebih dari satu zona waktu di benua Asia, yaitu Indonesia dan Mongolia."

mata uang dengan nilai terbesar di dunia bukanlah poundsterling melainkan dinar Kuwait. Satu poundsterling bernilai sekitar Rp 18.000, sementara satu dinar Kuwait lebih dari Rp 30.000".

Idul Fitri dan Idul Adha merupakan hari raya nasional di Timor Leste yang mayoritas penduduknya beragama Katolik Roma".

Kota paling utara di dunia yang dapat dijangkau oleh penerbangan langsung adalah Longyearbyen di Kepulauan Svalbard yang termasuk ke dalam wilayah Norwegia (dari Oslo)".

bahwa Dr. Karl May yang menulis serial Winnetou yang menceritakan tentang suku Indian Amerika dengan detail sama sekali belum pernah ke Amerika."

bahwa tinggi badan Marquis de Sade hanya sekitar 162 cm?"

bahwa pemain bola voli profesional dapat mensmash bola dengan kecepatan lebih dari 125 km/jam?"

bahwa ada dua jenis asparagus, yaitu hijau dan putih? Asparagus hijau lebih populer dan dinamai "asparagus Martha Washington", yaitu nama istri George Washington."

bahwa juara catur Rusia, Alexander Alekhine bersama dengan semua peserta pertandingan catur internasional di Mannheim, Jerman pada 1914 ditawan pemerintah negara itu sebagai tahanan perang? Ia dibawa ke Rastatt, dan di sana ia berpura-pura gila sehingga Jerman membebaskannya, karena Alekhine dianggap tak memenuhi syarat untuk menjalani dinas militer."

bahwa penggemar kentang di Amerika Serikat menghabiskan lebih dari 4 juta ton kentang goreng setiap tahunnya dalam berbagai bentuk dan ukuran?"

bahwa minuman cokelat dicampur dengan susu, anggur atau bir dianggap sebagai gaya hidup mewah pada abad ke-17?"

bahwa pada tahun 1875, direktur Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat mengajukan surat pengunduran dirinya dan menyarankan agar kantornya ditutup? Menurut pendapatnya, orang tidak mungkin lagi menciptakan sesuatu yang baru!"

bahwa kantong plastik diperkirakan baru akan hancur setelah 50.000 tahun?"

bahwa capung mengepakkan sayapnya 20-40 kali per detik, lebah dan lalat 200 kali, dan beberapa jenis nyamuk 600 kali."

bahwa komunikasi di lingkungan komunitas anjing prairie, yang sama sekali bukan anjing, melainkan tergolong keluarga tikus, sangat penting untuk pertahanan mereka? Seekor di antara mereka ditugasi sebagai penjaga, dan bila ia melihat pemangsa datang, ia akan mengeluarkan seruan peringatan, yang akan segera membuat teman-temannya menyelamatkan bayi-bayi mereka, lalu bergegas berlindung di liang-liang mereka."

bahwa dalam pertandingan catur antara Jon Gardar Vidarsson dengan Jóhann Hjartarson di Islandia pada tahun 1994, mereka membukanya dengan langkah 1.e4 e5 dan pion-pion itu tetap di tempat hingga mereka sepakat untuk seri setelah langkah ke-180?"

bahwa di Rusia, hot dog Amerika sangat disukai? Orang Rusia memakannya untuk makan siang, malam, bahkan juga untuk sarapan. Sosis sering dipotong memanjang, digoreng dengan mentega lalu disajikan dengan roti, keju, dan ikan asap. Pada 1996 Rusia mengimpor produk daging olahan Amerika senilai hampir $76 juta."

bahwa dulu di Eropa, sepak bola merupakan permainan para penjahit di Yunani, yang menggunakan kandung kemih babi dan diisi dengan udara?"

bahwa planet Saturnus adalah planet dengan massa jenis terkecil di antara 8 planet di tata surya ini?"

bahwa Montpelier, Vermont adalah satu-satunya ibu kota negara bagian Amerika Serikat yang tidak memiliki restoran McDonald's?"

bahwa di Inggris pada zaman Ratu Victoria, tidak ada penerbitan yang berani memperlihatkan ranjang dalam iklan-iklannya? Bila ilustrasinya memang sangat dibutuhkan, ranjang itu akan disembunyikan di balik tirai!"

bahwa setelah pertandingan catur antara Alexander Alekhine dan Jose Raul Capablanca dimulai, Alekhine menderita infeksi gusi sehingga enam giginya harus dicabut?"

bahwa orang Inggris pada abad ke-16 dan ke-17 percaya bahwa orang yang berbaring di atas bulu angsa tidak akan dapat meninggal dengan tenang? Karena itu, ketika seseorang hampir meninggal, bantalnya akan segera diangkat untuk mempermudah keberangkatannya ke alam baka."

bahwa pada tahun 1948, ada pertandingan liga sepak bola di Brasil yang mempertemukan Sport Club Natal melawan Atletico Clube de Galpao dan berakhir dengan skor 8 - 5,5. Nilai 5,5 didapat karena bola yang ditendang pecah tetapi bola bagian dalamnya masuk ke gawang tetapi bagian luarnya meninggi ke atas gawang?"

bahwa hampir seluruh bendera negara-negara di dunia berbentuk segiempat. Satu-satunya bendera negara yang tidak berbentuk segiempat adalah bendera Nepal yang berbentuk dua segitiga ditumpuk.

bahwa di Amerika Serikat, 86% rakyatnya menghiasi rumah mereka untuk Halloween, sementara sekitar 8% pemilik binatang mendandani binatang kesayangannya dengan kostum Halloween?"

bahwa pada 1845 dan 1846 pertanian kentang di Irlandia hancur karena jamur? Akibatnya terjadi bencana kelaparan yang menyebabkan banyak orang yang berimigrasi. Antara 1847 dan 1851 penduduk Irlandia berkurang hampir 2 juta orang!"

bahwa J.K. Rowling, pengarang cerita Harry Potter, dinasihati oleh penerbitnya agar menggunakan singkatan namanya saja, karena dikhawatirkan anak-anak lelaki tidak akan mau membaca bukunya apabila tahu bahwa pengarangnya adalah seorang perempuan?"

bahwa Istana Schönbrunn milik dinasti Habsburg di Wina, Austria mempunyai 1441 kamar, 40 di antaranya boleh dikunjungi masyarakat? Pada usia enam tahun, Mozart menyajikan konsernya untuk keluarga kerajaan di istana ini."

bahwa dahulu saat sepeda belum menggunakan rantai, sepeda dijalankan menggunakan kaki dan kecepatan maksimalnya hanya 2 km/jam?"

bahwa di Zimbabwe membuat lelucon tentang nama presiden (termasuk Canaan Banana) adalah pelanggaran hukum sejak tahun 1982?"

bahwa jerapah jantan mencari makanan dari pohon-pohon yang lebih tinggi dibandingkan dengan betinanya sehingga mengurangi persaingan di antara kedua jenis kelamin tersebut?"

bahwa katedral Gothik terbesar terletak di New York City? Katedral ini dinamai St. John the Divine, dan berada di Amsterdam Avenue dan 112th Street."

bahwa Monako diterima menjadi anggota PBB pada Mei 1993, dan merupakan negara terkecil dari segi ukuran luasnya di antara semua negara anggota organisasi itu?"

bahwa menurut pengamatan para ahli medis, orang-orang yang gagap biasanya mampu berbicara biasa saja bila mereka sendirian atau berbicara dengan binatang peliharaannya?"

bahwa di Mount Horeb, Wisconsin, Amerika Serikat, terdapat museum mustard terbesar di dunia? Di museum ini terdapat 1.493 jenis mustard dari Argentina hingga Swiss, dan dari 48 negara bagian Amerika Serikat. Dari mustard kuning saja, museum ini menyimpan 200 jenis."

bahwa di Romawi kuno, orang yang dilahirkan dengan hidung bengkok dianggap berbakat sebagai pemimpin?"

bahwa Mall of America di Bloomington, Minnesota, Amerika Serikat luasnya 78 lapangan sepak bola Amerika, atau 882.550 meter²?"

bahwa katak tidak pernah minum? Mereka menyerap air dari sekitarnya melalui proses osmosis."

bahwa penggunaan herbisida untuk membasmi rumput liar telah menyebabkan sekurang-kurangnya 48 jenis "rumput liar super" yang tahan kimia?"

bahwa Negara Federasi Mikronesia yang terletak di Kepulauan Caroline Timur di Samudra Pasifik barat laut, mempunyai lebih dari 600 pulau dan 40 gunung berapi?"

bahwa National Museum of Natural History di Washington, D.C. menyimpan koleksi kerang terbesar di dunia? Di museum ini terdapat 15 juta spesimen kerang. Sebuah museum yang lebih kecil di Sanibel Florida hanya memiliki 2 juta kerang saja dan diklaim sebagai satu-satunya museum yang hanya mengoleksi moluska."

bahwa 50 persen laki-laki lebih suka mengadakan hubungan seksual bila sedang berada di ranjang, sementara hanya 20 persen perempuan yang menyukainya? Sementara itu, 23 persen perempuan lebih suka membaca, dan hanya 11 persen laki-laki yang suka mengisi waktunya di tempat tidur dengan kegiatan itu."

bahwa gigitan lintah tidak menimbulkan rasa sakit karena mengandung zat anestesis?"

bahwa Benjamin Franklin membuat kartun pertama yang pernah diterbitkan dalam sebuah surat kabar Amerika? Gambarnya itu muncul dalam "Pennsylvania Gazette" pada 9 Mei 1754."

bahwa Lalo Schifrin menciptakan musik pembukaan yang khas untuk film televisi Mission: Impossible? Untuk itu ia mendapatkan Penghargaan Grammy untuk Musik Orisinal Terbaik untuk Film Bioskop atau Televisi pada 1968.

bahwa meskipun telepon telah ditemukan 53 tahun sebelumnya, baru pada 1929, ketika Herbert Hoover menjabat sebagai presiden, Gedung Putih memberikan pesawat telepon pribadi untuk presiden AS di kantor pribadinya. Sebelumnya, presiden harus menggunakan telepon yang ditempatkan di lorong Gedung Putih.

bahwa kismis yang dijatuhkan ke dalam segelas sampanye akan naik turun dari atas ke dasar gelas itu?"

bahwa di Republik Dominika terdapat Universitas Santo Domingo, yaitu universitas tertua di benua Amerika? Universitas ini didirikan pada tahun 1538."

bahwa perang Cola juga merambat hingga ke dunia politik? Misalnya, Partai Demokrat biasanya menyuguhkan Coca Cola, sedangkan Partai Republik biasanya menyuguhkan Pepsi Cola kepada tamu-tamunya. Hal ini disebabkan karena kontribusi politik kedua pabrik minuman ringan tersebut kepada masing-masing partai tersebut."

bahwa kebanyakan obat pengusir serangga yang digunakan manusia bekerja dengan prinsip menyembunyikan bau manusia yang mungkin menarik bagi serangga, atau menciptakan bau-bauan yang tidak mereka sukai?"

bahwa setiap tahun orang meminum 56 milyar cangkir teh Lipton, atau 1.649 cangkir setiap detiknya?"

bahwa pohon Jenderal Sherman di Taman Nasional Seqouia, California, Amerika Serikat, adalah pohon terbesar di dunia? Pohon ini diperkirakan beratnya 6.000 ton."

bahwa penduduk negara bagian Nevada, Amerika Serikat rata-rata menghabiskan $846 setahunnya untuk berjudi?"

bahwa dirigen dan komponis Austria, Johann Strauss, Jr. (1825-1899), anak dari dirigen dan komponis Johann Strauss, Sr. (1804-1849) menciptakan lebih dari 400 komposisi musik waltz? Sebagian di antaranya tetap populer hingga sekarang, seperti "Blue Danube" yang diciptakannya pada 1866, dan yang sering digunakan untuk ilustrasi film. Strauss Jr. mengembangkan kariernya sebagai pemusik, meskipun ditentang oleh ayahnya sendiri!"

bahwa orang pertama yang diketahui meninggal karena radiasi adalah Marie Curie? Ia dan suaminya Pierre Curie adalah penemu radium."

bahwa perusahaan Colgate dimulai sebagai pabrik pembuat sabun, lilin dan tepung kanji?"

bahwa teh adalah minuman kedua paling populer di dunia, setelah air biasa?"

bahwa pada tahun 1917 di Pennsylvania, Amerika Serikat, dikeluarkan undang-undang yang melarang kedai-kedai minuman keras memberikan roti sandwich gratis kepada para pelanggan yang membeli bir untuk diminum bersamanya? Untuk mengakali undang-undang ini, beberapa pemilik kedai memutuskan untuk menjual sandwich, dan memberikan bir gratis!"

bahwa manusia telah memakan roti kismis selama lebih dari 6000 tahun?"

bahwa José Raúl Capablanca digelari "Mesin Catur"? Capablanca adalah pemain berbakat alam terbesar dalam sejarah catur dunia. Ia melesat dengan mudah menjadi pemain paling terkemuka pada masanya."

bahwa pada 1952 ketika turnamen catur internasional sedang berlangsung di Havana, sebuah revolusi terjadi? Presiden Fulgencio Batista, sponsornya, digulingkan. Para peserta Meksiko dipanggil pulang. Dan juara catur Kuba, Juan Quesada yang sedang bermain dalam turnamen ini, meninggal dunia karena serangan jantung. Pemakamannya dihadiri oleh semua master yang ikut serta dalam turnamen tersebut."

bahwa minuman kegemaran Presiden Gerald Ford adalah gin dan tonik, sementara Presiden Herbert Hoover lebih menyukai martini?"

bahwa salah satu lagu Queen yang berjudul Crazy Little Thing Called Love dikarang Freddie Mercury di kamar mandi saat ia mandi?"

bahwa baru pada era reformasi ijazah Pondok Modern Gontor Ponorogo diakui di Indonesia. Sebelumnya ijazah pondok tersebut tidak diterima di Indonesia walaupun diterima oleh berbagai universitas di Timur Tengah.

bahwa pada tahun 1963 Ny. Edvige Ruinstein di Milano mengajukan permohonan cerai dari suaminya di pengadilan dengan alasan karena suaminya terlalu tergila-gila akan permainan catur sehingga ia menolak bekerja dan memberi nafkah bagi kedua anaknya? Pengadilan mengabulkan permohonannya."

bahwa pada tahun 1600-an termometer diisi dengan brandy dan bukan dengan air raksa?

bahwa pada 1931 Géza Maróczy, juara catur Hongaria - salah satu yang terbaik di dunia pada masanya - pernah menantang Aron Nimzowitsch, seorang jago catur Denmark dalam sebuah duel pistol di Bled, Slovenia?

bahwa lagu kebangsaan Amerika Serikat, "Star-Spangled Banner," dikarang dengan musik dari sebuah lagu yang biasa dinyanyikan orang sewaktu meminum minuman keras?

bahwa seekor induk kelinci, bila ketakutan atau terancam, dapat meninggalkan, mengabaikan, atau bahkan memakan anak-anaknya?"

bahwa Perpustakaan Umum Chicago di Amerika Serikat adalah perpustakaan umum terbesar di dunia, dengan koleksi sebanyak 2 juta buku!

bahwa pada 648 SM, kuda pertama kali diperkenalkan dalam olah raga, dengan masuknya para penunggang kuda ke dalam Olimpiade kuno? Pada abad ke-6 SM, pacuan kuda telah menjadi olahraga yang populer."

bahwa coyote adalah binatang yang sangat setia kepada pasangannya? Bila pasangannya tertangkap dalam jebakan, ia akan mengantarkan hasil tangkapannya untuk dimakan pasangannya itu. Ia akan berendam di sungai untuk menolong pasangannya memperoleh air minum dengan menjilati bulunya yang basah. Coyote yang bebas dicatat pernah menunggui pasangannya yang tertangkap hingga mati!"

bahwa pelukis surealis Spanyol Salvador Dali menyuruh istrinya menjadi model untuk wajah Kristus dalam lukisannya Sakramen Perjamuan Malam Terakhir?"

bahwa Perancis dan Meksiko pernah terlibat dalam sebuah konflik panjang hingga satu tahun pada tahun 1838 yang disebut Perang Roti? Meksiko menolak untuk membayar kerusakan yang ditimbulkan oleh para perwira militer Meksiko di sebuah restoran yang dikelola oleh seorang tukang roti berkebangsaan Perancis di Tacubaya, yang kini merupakan bagian dari Ciudad de México!"

bahwa gunung tertinggi di Australia dinamai Gunung Kosciuszko, menurut nama seorang jenderal Polandia yang bertempur dalam Perang Kemerdekaan Amerika?"

bahwa pada tahun 1959 Lee Harvey Oswald menyatakan di Moskwa bahwa ia tidak berniat kembali ke Amerika Serikat? Andaikata rencananya itu tidak berubah, sejarah tentu akan lain."

bahwa Napoleon Bonaparte selalu digambarkan dengan tangannya di dalam jaketnya? Ini disebabkan karena ia menderita gatal-gatal yang kronis karena sistem sarafnya, dan seringkali menggaruk perutnya hingga berdarah!"

bahwa dalam satu mil persegi ada lebih banyak serangga di daerah pinggiran kota daripada jumlah manusia di seluruh muka bumi?

bahwa teh yang diolah oleh pabrik yang sama pada pk. 3.00 pagi dapat berbeda rasanya dibandingkan dengan yang diolah pada pk. 12.00 siang, meskipun daun-daun teh itu berasal dari daerah yang sama, bahkan dari pohon teh yang sama pula?

bahwa 46% dari seluruh air di muka bumi terdapat di Samudra Pasifik? Samudra Atlantik mempunyai 23,9%, Samudra Hindia 20,3%, dan Laut Arktik mempunyai 3,7% air."

bahwa pada 29-30 Maret 1848 air terjun Niagara sama sekali berhenti karena aliran sungainya membeku?"

bahwa operator telepon perempuan yang pertama adalah Emma M. Nutt, yang mulai bekerja untuk Telephone Dispatch Company di Boston, Amerika Serikat pada 1 September 1878? Sebelum itu, semua operator telepon adalah laki-laki."

bahwa cahaya lampu yang bersinar dari puncak Hotel Luxor di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, adalah cahaya buatan yang paling kuat di seluruh dunia? Kekuatan cahaya ini adalah 41,5 gigacandela, sehingga sorotan cahayanya dapat dilihat dari pesawat terbang dari jarak 440 km! Cahaya ini dihasilkan oleh 39 lampu Xenon yang masing-masing menggunakan daya 7 kilowatt dengan biaya per jamnya $53 (untuk lampu, perbaikan, dan biaya listrik)."

bahwa ketika pada 1962 saat pertama kali kelompok The Beatles mengajukan diri untuk membuat rekaman, Decca Records menolaknya dengan alasan: 'Kami tidak suka dengan musik mereka, dan musik gitar sebentar lagi akan punah.'?"

bahwa Raja Knud V dan Raja Valdemar I - keduanya dari Denmark, sedang bermain catur ketika mereka diserang? Knut terbunuh, namun Valdemar selamat karena ia menggunakan papan catur sebagai perisainya!"

bahwa Uwe Seeler adalah penyerang sepak bola Jerman terkenal karena pernah menciptakan gol dengan belakang kepalanya? Saat itu Jerman bertanding melawan Inggris pada babak perempat final Piala Dunia FIFA 1970, yang dimenangi Jerman 2-0."

bahwa tiga dari enam Presiden Indonesia dilahirkan di Provinsi Jawa Timur?"

bahwa rata-rata secangkir kopi mengandung lebih dari seribu komponen kimia, yang hanya dinikmati secara keseluruhan sebagai bagian dari rasa kopi?

Bahwa pesawat kepresidenan Amerika Serikat, Air Force One, mampu terbang sejauh sepertiga keliling Bumi, nonstop, tanpa sekalipun mengisi ulang Avtur?"

bahwa teh hijau dan teh hitam dapat mencegah gigi berlubang dan memberikan nafas yang lebih segar?"

bahwa bar terpanjang di dunia terdapat di New Bulldog di Rock Island, Illinois? Panjang bar ini adalah sekitar 208,5 meter!"

bahwa seorang pemetik daun teh dapat mengumpulkan hingga 32 kg daun setiap harinya?"

bahwa lima dari sepuluh air terjun tertinggi di dunia terdapat di Norwegia?

bahwa Joseph Haydn adalah komponis yang menciptakan kuartet gesek, sehingga ia dijuluki sebagai "Bapak Kuartet Gesek"? Selama hidupnya, ia menciptakan 83 lagu (sebagian orang menyebutkan 68) untuk kuartet gesek."

bahwa dengan satu kilogram daun teh kita dapat membuat sekitar 375 hingga 425 cangkir teh?"

bahwa Maharani Yelizaveta Petrovna dari Rusia memerintahkan pembangunan Istana Musim Dingin yang tidak pernah sempat ia nikmati? Istana itu selesai pada 1762, namun sang maharani telah keburu meninggal dunia pada tahun yang sama itu."

bahwa wilayah Amerika Serikat yang paling rendah konsumsi minuman beralkoholnya (yang dikenal sebagai Bible Belt) juga dikenal oleh banyak dokter sebagai daerah yang paling banyak korban strokenya?"

bahwa Paus Viktor I adalah paus (189-199) pertama yang berasal dari tanah Afrika?"

bahwa pada tahun 1959 di Amerika Serikat terjadi 36.981 kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kematian, sementara di udara terjadi 8 kecelakaan yang menelan 125 korban?"

bahwa pantyhose yang dikenakan oleh kaum perempuan, berkembang dari gaya berpakaian laki-laki? Pada abad ke-14, laki-laki Eropa biasa mengenakan kaus kaki yang panjang ketika model tunik yang dikenakannya semakin pendek. Kaus ini digantikan oleh stoking pada abad ke-17, dan akhirnya oleh celana panjang. Pada 1960-an orang menciptakan pantyhose untuk kaum perempuan, meniru laki-laki pada Abad Pertengahan."

bahwa teh Lipton yang terjual dalam setahun cukup untuk mengisi 3.660 kolam renang ukuran Olimpiade? Bila ditambah dengan teh es teh manis, jumlah teh itu akan cukup mengisi 4.434 kolam renang!"

bahwa Shah Jehan yang memerintahkan pembangunan Taj Mahal untuk mengenang istrinya Mumtaz Mahal, mempunyai harem yang terdiri dari ribuan orang wanita?"

bahwa pada waktu Invasi Irak, tentara laki-laki Amerika Serikat minta dikirimi pantyhose untuk melindungi diri mereka dari kutu-kutu pasir?"

bahwa buku catur pertama yang diterbitkan di Rusia adalah terjemahan karya Benjamin Franklin, yaitu "Morals of Chess" (Moral Permainan Catur)? Buku ini diterbitkan di St. Petersburg pada 1791 dengan judul dalam Pravila dlia Shashechnoi Igry (Aturan-aturan untuk Permainan Catur)."

bahwa para Pilgrim mendarat di tempat yang kini dikenal sebagai Plymouth, Massachusetts terutama karena mereka kehabisan pasokan, khususnya minuman keras?"

bahwa pada 4 September 1956 IBM memperkenalkan hard disk pertama di dunia? Hard disk berukuran dua lemari es harganya senilai $250.000 sekarang, dengan kemampuan 5 MB, atau cukup untuk menyimpan satu lagu dalam format MP3!"

bahwa 98% dari Antartika terdiri dari es, 2% dari batu-batuan. Rata-rata ketebalan lapisan esnya adalah 2.200 meter. Jumlah ini sama dengan 90% dari seluruh es dan 70% dari air tawar yang ada di seluruh dunia. Bila es ini mencair maka tingkat ketinggian permukaan laut dunia akan bertambah hingga rata-rata 70 meter!"

bahwa para anggota keluarga Bartholin di Denmark, banyak yang menjadi profesor atau ilmuwan di Universitas Kopenhagen. Sebut saja, Caspar Bartholin tua, Thomas Bartholin, dan Caspar Bartholin muda."

bahwa studio film Twentieth Century-Fox membuang semua adegan yang memperlihatkan kontak fisik antara Shirley Temple dan Bill "Bojangles" Robinson yang berkulit hitam dalam film "The Little Colonel" pada 1934 untuk menghindari kontroversi dan menjamin bahwa film itu akan diterima di seluruh Amerika Serikat? Dalam peredaran awalnya, film itu mengejutkan para penonton di selatan AS ketika jari-jari kedua bintang film itu bersentuhan dalam adegan mereka berdansa!"

bahwa setiap tiga detik sebuah wilayah hutan tropis Amerika Selatan seluas lapangan sepak bola lenyap!"

bahwa perkebunan jeruk di California terancam musnah karena hama pada akhir abad ke-19? Dua tahun kemudian para pemilik kebun berhasil mengatasinya dengan memperkenalkan Coccinellidae (ladybug), yang menghabiskan biaya tidak sampai $5.000!"

bahwa Beethoven bukanlah satu-satunya komponis yang menciptakan lagu dalam keadaan tuli? Bedrich Smetana (1824-1884) menciptakan kuartet geseknya yang pertama juga setelah ia menjadi tuli!"

bahwa dalam Perang Saudara Amerika sebuah wilayah kecil yang luasnya tidak sampai 20 mil persegi di Virginia, menjadi tempat yang paling berdarah? Di tempat itu, lebih dari setengah juta orang terbunuh, termasuk 19 orang jenderal - 10 dari pasukan Union dan 9 orang dari pasukan Konfederasi.

bahwa pada Perang Dunia II, beberapa pemain catur top Britania juga merupakan pemecah kode-kode musuh? Harry Golombek, Stuart Milner-Barry dan H. O'D. Alexander adalah anggota-anggota tim yang memecahkan kode-kode rahasia Nazi. Pada September 1939, ketika tim catur Britania baru saja lolos ke final dalam Olimpiade Catur di Buenos Aires, perang pecah, dan mereka diperintahkan untuk langsung kembali dengan kapal pertama yang berangkat.

bahwa fermentasi adalah proses yang penting dalam pembuatan banyak jenis makanan? Misalnya adonan roti yang "naik" karena fermentasi, kopi, teh hitam, keju, yogurt, acar, cokelat, vanili, jahe, saus tomat, kecap, dan masih banyak lagi lainnya."

bahwa koktail Manhattan yang terbuat dari campuran wiski dan vermouth manis, diciptakan oleh ibunda Winston Churchill?"

bahwa hingga 1867 hasil seri dalam pertandingan catur harus diulang? Peraturan Catur Internasional 1929 dan peraturan Federasi Catur AS 1939 mewajibkan pemain bermain minimum 30 langkah sebelum hasil seri dapat disetujui."

bahwa Presiden Amerika Serikat Harry Truman pernah menjadi pegawai di ruang pengiriman dan penerimaan surat, sementara Herbert Hoover pernah menjadi seorang pesuruh kantor?

bahwa saus tomat dijual di Amerika Serikat pada awal abad ke-19 sebagai obat, dengan merek Dr. Miles' Compound Extract of Tomato?"

bahwa jauh sebelum kehadiran CNN pada November 1929 bioskop "Embassy" dibuka di New York City yang mengkhususkan diri dengan pertunjukan berita saja? Bioskop ini ternyata laku!"

bahwa penduduk Hawaii rata-rata lebih panjang hidupnya, sementara penduduk Louisiana yang paling singkat, dibandingkan dengan penduduk negara-negara bagian Amerika Serikat lainnya?"

bahwa perusahaan teknologi pertama yang pindah ke Lembah Silikon di California, Amerika Serikat adalah Hewlett-Packard, pada 1938? Bill Hewlett dan Dave Packard, keduanya insinyur dari Universitas Stanford, memulai perusahaan mereka di sebuah garasi di Palo Alto dengan modal $1.538!"

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.