Bagi orang yang berkecimpung dengan dunia informatika/komputer pasti sering mendengar istilah enkripsi..

Berikut penjabaran enkripsi secara singkat, padat, ringan, mudah dicerna, dan mudah dimengerti(-__-").

Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informas dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Dikarenakan enkripsi telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara, hanya organisasi-organisasi tertentu dan individu yang memiliki kepentingan yang sangat mendesak akan kerahasiaan yang menggunakan enkripsi. dan saat ini enkripsi telah digunakan pada sistem secara luas, seperti Internet e-commerce, jaringan Telepon bergerak danATM pada bank.

Enkripsi dapat digunakan untuk tujuan keamanan, tetapi teknik lain masih diperlukan untuk membuat komunikasi yang aman, terutama untuk memastikan integritas dan autentikasi dari sebuah pesan. Contohnya, Message Authentication Code (MAC) atau digital signature. Penggunaan yang lain yaitu untuk melindungi dari analisis jaringan komputer.

Tujuan sebenarnya teknik-teknik dengan istilah-istilah di atas adalah untuk menyamarkan data asli menjadi data baru dalam bentuk atau format lain, supaya orang lain selain si pemilik hak akses ke data tersebut tidak bisa melihat atau mengaksesnya.

Biasanya digunakan untuk mengamankan data, jaga-jaga kalau data tersebut jatuh ke tangan orang lain yang tidak berhak. Baik itu untuk disimpan sendiri maupun untuk tujuan pengiriman data ke orang lain.

Ilustrasi Enkripsi
Misal kita punya sebuah data X, kita sandikan menggunakan teknik penyandian F, maka akan dihasilkan data baru (sudah tersamarkan) yaitu Z.

F
X ---> Z

Sedangkan untuk membalikkan ke bentuk asli atau dikenal dengan dekripsi adalah tinggal membalik fungsi penyandian tersebut, ilustrasi sederhananya adalah:

-F
X <--- Z

Lanjut ke studi kasus....
Kita punya huruf abjad:
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Susunan karakter berikut adalah metode enkripsi atau penyamarannya.:
B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z A

Sedikit kita ulas tentang fungsi dalam matematika:
Z = X + 1 (Jadi, fungsi penyandinya adalah karakter asli di tambah satu)

Contoh, kita punya kalimat: G A L I H H E R M A W A N
Dengan menggunakan fungsi: H B M J I I F S N B X B O

Bagaimana, mudah kan? Lalu bagaimana membaliknya ke bentuk aslinya?
OK. Kita sudah tahu rumusnya, bahwa:
--------------------------------------------------------------
KARAKTER BARU = KARAKTER LAMA + 1

Untuk membalik berarti:

KARAKTER LAMA = KARAKTER BARU - 1

Fungsi: X = Z - 1

--------------------------------------------------------------
Memang rumus ini terlalu mudah, namun tidak apa-apa, supaya membantu kita, terutama bagi yang belum paham apa itu enkripsi dan bagaimana cara kerjanya.