Tuesday, July 24, 2012

Tahukah kamu? part 7



bahwa kelelawar coklat kecil dapat menangkap 1.200 serangga sebesar nyamuk dalam waktu satu jam saja?"

bahwa kata news (berita) dalam bahasa Inggris berasal dari huruf-huruf pertama mata angin, north, east, south, dan west? Jadi "news" dimaksudkan menunjukkan bahwa informasi dikumpulkan dari semua penjuru dunia."

bahwa hingga 1730-an, India adalah satu-satunya sumber permata dunia?"

bahwa pohon-pohon Macrozamia di Australia adalah pohon-pohon tertua di dunia? Usianya diduga antara 5.000 hingga 7.000 tahun. Sebagian orang malah memperkirakan bahwa usianya sudah 15.000 tahun."

bahwa burung pelatuk dapat mematuk dua puluh kali dalam satu detik?"

bahwa batu apung adalah satu-satunya batu yang dapat mengapung di air?"

bahwa Akebono yang lahir dengan nama Chadwick Haheo Rowan, adalah pegulat sumo bukan orang Jepang yang pertama kali meraih gelar Yokozuna?"

bahwa pinguin adalah satu-satunya burung yang dapat berjalan tegak?"

bahwa masa kehamilan oposum Amerika adalah yang paling singkat, antara 12-13 hari saja?"

bahwa jenis-jenis katak tertentu dapat dibekukan hingga keras, kemudian dibiarkan kembali ke suhu ruangan dan tetap hidup?"

bahwa angsa adalah satu-satunya unggas yang memiliki penis?"

bahwa golongan darah para anggota SS Nazi ditato di ketiak mereka?"

bahwa hanya dua orang yang menandatangani Declaration of Independence Amerika Serikat pada 4 Juli, yaitu John Hancock dan Charles Thomson? Kebanyakan lainnya menandatanganinya pada 2 Agustus, dan tanda tangan terakhir baru dicantumkan 5 tahun kemudian."

bahwa pada 1971 Trevor Stowe, seorang pedagang barang antik, diadili di London karena ke-32 bidak catur yang ditaruhnya di etalase memperlihatkan pasangan dalam posisi seksual?

bahwa kuasar adalah benda langit yang luar biasa terang? Sebuah kuasar menghasilkan terang seratus kali lebih banyak daripada seluruh galaksi kita dalam ruangan yang tak lebih besar daripada tata surya kita.”

bahwa pelatih sepak bola AS pingsan dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 1930 melawan tim nasional sepak bola Argentina ketika mencoba menolong pemainnya yang terluka? Kotak obatnya terjatuh sehingga botol kloroform di dalamnya pecah. Ketika mencoba mengambil botol itu, ia menghirup uapnya dan langsung pingsan."

bahwa tikus dapat jatuh dari lantai 5 sebuah gedung tanpa terluka?"

bahwa rata-rata penumpang mobil atau bus kota di Amerika Serikat menghabiskan 3 bulan masa hidupnya di lampu lalu lintas?"

bahwa ketika menjabat sebagai gubernur negara bagian Massachusetts, Calvin Coolidge, yang kelak menjadi Presiden Amerika Serikat, pernah ditinju di matanya oleh walikota Boston?"

bahwa Joel Benjamin adalah juara catur Amerika Serikat pada 1987 dan 1997 yang meraih gelar masternya pada usia 13 tahun dan menjadi Grandmaster pada usia 22 tahun? Ia membantu tim Deeper Blue IBM yang mengalahkan Garry Kasparov pada 1997."

bahwa meskipun mendapat dukungan yang kuat dari partainya, Presiden Calvin Coolidge mengumumkan pada 2 Agustus 1927 bahwa ia tidak akan mencalonkan diri sebagai presiden lagi pada 1928?"

bahwa jantung berdebar lebih cepat bila seseorang berjalan cepat atau terlibat dalam argumen yang panas ketimbang pada saat melakukan hubungan seksual?"

bahwa ada 119 guratan di pinggir mata uang 50 sen dolar Amerika Serikat?

bahwa Ben & Jerry's mengirim sisa-sisa pembuatan es krim mereka kepada para peternak babi untuk dijadikan makanan ternak mereka? Babi-babi itu sangat menyukainya, kecuali satu rasa: mint oreo."

bahwa perusahaan yang menanggung asuransi untuk Konvensi Nasional Partai Republik adalah perusahaan yang sama yang mengasuransikan perjalanan perdana kapal RMS Titanic?"

bahwa Charles Lindbergh hanya membawa empat potong sandwich dalam penerbangannya yang terkenal melintasi Samudra Atlantik?"

bahwa daun pepaya dan pepaya mentah mengandung enzim bernama papain yang menghancurkan protein dalam daging dan membuatnya lunak?"

bahwa Nero dan Henry VIII sama-sama penguasa yang relatif baik ketika baru naik takhta, namun tak lama kemudian menjadi tiran yang berlumuran darah? Keduanya membunuh seorang filsuf yang memberikan pengaruh baik. Nero memaksa Lucius Annaeus Seneca bunuh diri, dan Henry memerintahkan Thomas More dipenggal kepalanya."

bahwa Angkatan Laut AS pernah mengusulkan agar jembatan Golden Gate di San Francisco dicat hitam dengan strip kuning? Usul ini ditolak, sebaliknya yang dipilih adalah warna campuran jingga dan merah yang disebut warna Oranye Internasional karena warna ini dianggap cocok dengan lingkungan alam sekitarnya."

bahwa istilah First Lady pertama kali digunakan pada 1877 untuk merujuk kepada Lucy Ware Webb Hayes? Namun kebanyakan istri presiden Amerika Serikat dikabarkan membenci istilah tersebut."

bahwa Henry Thomas Buckle adalah pemenang turnamen catur modern pertama pada 1849? Ia juga seorang sejarawan yang dapat berbicara tujuh bahasa dan membaca 12 bahasa."

bahwa kota Frankfurt di Jerman mengeluarkan paling banyak uang untuk seni daripada kota-kota lainnya di seluruh Eropa?"

bahwa John T. Scopes diadili dalam Pengadilan Kera Scopes pada 1925 atas tuduhan mengajarkan teori evolusi di sekolah? Sebelum kematiannya pada 1970 Scopes mengaku ia tak tahu banyak tentang evolusi dan bahwa ia cuma menggantikan temannya, guru kelas itu, yang sakit selama sekitar satu minggu."

bahwa Kremlin tidak hanya terdapat di Rusia, tetapi juga di Jerman, Montana, Oklahoma, Virginia, dan Wisconsin? Empat kota terakhir terletak di Amerika Serikat."

bahwa Arthur Bisguier, juara catur Amerika Serikat pada 1954, tidak akan mengambil hadiah uang apabila ia tahu bahwa penyelenggara pertandingannya merugi?"

bahwa Montreal adalah kota berbahasa Perancis terbesar di belahan Barat?"

bahwa kota Magnet, Texas, Amerika Serikat diberi nama demikian dengan harapan akan menarik orang ke sana?"

bahwa cheddar adalah jenis keju terbanyak yang dijual di Amerika Serikat? Sekitar 2/3 dari semua jenis keju yang dijual adalah keju cheddar."

bahwa Pepsi Cola pertama kali dijual dengan nama Brad's Drink?"

bahwa Arnold Denker memperoleh gelar Grandmaster catur kehormatan pada usia 67 tahun? Denker pernah bertanding melawan 100 pemain catur dalam waktu 7 jam 33 menit."

bahwa abalon berukuran 10 cm dapat melekat pada sebuah batu karang dengan kekuatan 181,44 kg? Dua orang lelaki dewasa pun akan mengalami kesulitan untuk melepaskannya."

bahwa tinju adalah olah raga pertama yang difilmkan? Thomas Alva Edison memfilmkan sebuah pertandingan tinju antara Jack Cushing dan Mike Leonard pada tahun 1894.

bahwa industri parfum mempekerjakan teknisi khusus untuk menguji wewangian yang diciptakan? Mereka memiliki kecakapan untuk membedakan 19.000 jenis keharuman masing-masing dengan 20 tingkat intensitas."

bahwa teh adalah minuman paling populer di seluruh dunia setelah air biasa? Dari pohon teh yang sama diperoleh tiga jenis dasar teh, teh hitam, hijau dan oolong, serta lebih dari 3.000 varitas lainnya."

bahwa dua kota di Vermont mengklaim diri sebagai tempat kelahiran Presiden Amerika Serikat Chester A. Arthur? Namun penelitian mutakhir menunjukkan bahwa ia dilahirkan di Kanada dan karena itu, menurut Konstitusi AS sekarang, chester A. Arthur tak berhak dipilih sebagai presiden."

bahwa sejak tahun 1993 sampai sekarang, secara berturut-turut Denmark diperintah oleh 3 orang perdana menteri yang bermarga Rasmussen? Mereka adalah Poul Nyrup Rasmussen, Anders Fogh Rasmussen, dan Lars Lokke Rasmussen. Menariknya, tak satupun di antara ketiga PM tersebut yang memiliki hubungan kekerabatan."

bahwa selama berabad-abad, bahkan sampai sekarang, armada penangkap ikan Spanyol adalah yang terbesar di dunia?"

bahwa minyak goreng dapat berfungsi sebagai pelumas untuk mobil dan kapal? Bila dicampur dengan aditif tertentu, minyak goreng tertentu berfungsi sama baiknya atau bahkan lebih baik daripada pelumas komersial."

bahwa Norfolk County, Massachusetts, adalah tempat kelahiran tiga orang presiden Amerika Serikat, dan ketiga-tiganya mempunyai nama kecil John, yaitu John Adams, John Quincy Adams, dan John F. Kennedy?"

bahwa Catur Capablanca adalah varian catur yang diciptakan oleh José Raúl Capablanca dengan menggunakan papan 10x10 atau 10x8 kotak? Varian ini diciptakannya untuk membuat permainan lebih menarik. Selain buah catur yang biasa, ia menambahkannya dengan kanselir dan uskup agung."

bahwa para ilmuwan mengatakan, orang yang tidurnya kurang dari 6 jam sehari lebih terorganisir dan efisien?"

bahwa Juliette Gordon Low, yang diilhami oleh gerakan kepanduan putranya Lord Baden-Powell, mendirikan Pandu Putri di Savannah, Georgia, Amerika Serikat pada 1912. Regu pertamanya terdiri atas 18 anak perempuan, satu di antaranya adalah sepupu Low, Daisy."

bahwa cokelat dapat membunuh anjing? Theobromin, zat yang merangsang otot-otot jantung dan sistem saraf pusat, menyebabkan cokelat beracun. Susu cokelat sebanyak 0,06 liter dapat meracuni anak anjing seberat 4,54 kg."

bahwa Raja Hamurabi dari Babilonia,adalah raja yang pertama kali menerapkan undang-undang keselamatan kerja. Raja Hamurabi akan menghukum mati ahli bangunan yang membuat rumah dan rumah tersebut roboh sehingga menyebabkan kematian bagi penghuninya.

bahwa Sylvia Miles adalah bintang film yang tampil paling singkat dalam film Midnight Cowboy yang memberikan nominasi Oscar kepadanya? Seluruh perannya hanya berlangsung selama enam menit."

bahwa lebih dari 95% ubur-ubur terdiri dari air? Ubur-ubur tidak mempunyai otak, jantung, tulang ataupun mata."

bahwa pada 1418 perhiasan kepala kaum perempuan begitu tingginya sehingga pintu-pintu di istana kerajaan di Vincennes, Perancis harus ditinggikan, atas perintah Ratu, agar kaum perempuan di istana dapat lewat tanpa harus menunduk."

bahwa telapak tangan dan kaki memiliki lebih banyak kelenjar keringat daripada bagian-bagian tubuh yang lainnya?"

bahwa Firenze di Italia adalah kota pertama yang mencetak mata uang emasnya sendiri pada 1252?"

bahwa pabrik mobil Amerika Serikat Studebaker memproduksi mobil yang dinamai "Dictator" pada 1927-1936? Ini tidak ada hubungannya dengan naiknya pamor Adolf Hitler pada masa yang hampir bersamaan."

bahwa sebelum pertandingan final pada Piala Dunia FIFA 1930 Uruguay dan Argentina melakukan undian untuk menentukan bola siapa yang akan dipakai? Argentina menang dan bola buatan Argentina digunakan pada ronde pertama, sementara bola Uruguay pada babak kedua."

bahwa artikel pertama di Wikipedia Indonesia yang berjudul Elektron dibuat pada tanggal 30 Mei 2003 oleh Paramita?"

bahwa belum ada lobster biru yang melahirkan anak berwarna biru. Artinya warna biru tersebut bukanlah warna turunan dari induknya."

bahwa Joseph Henry Blackburne adalah seorang pemain catur yang pemberang? Setelah dikalahkan oleh Wilhelm Steinitz dalam suatu pertandingan, ia melemparkannya lewat jendela. Untunglah, mereka berada di lantai pertama."

bahwa Claude Bloodgood, salah seorang pecatur terbaik Amerika Serikat, dijatuhi hukuman mati karena membunuh ibunya sendiri? Enam kali ia dijadwalkan untuk dieksekusi, namun tiap kali dibatalkan. Akhirnya hukuman matinya diubah menjadi hukuman seumur hidup.

bahwa undang-undang di North Dakota, Amerika Serikat, melarang orang berbaring dan tidur sementara masih mengenakan sepatu?"

bahwa dalam perjalanan karirnya, Dono dan Kasino dari Warkop DKI pernah mengalami konflik yang mengakibatkan mereka tidak saling berbicara selama 3 tahun? Mereka hanya berdialog ketika sedang tampil di depan publik saja."

bahwa Jerman adalah negara Eropa pertama yang menciptakan sistem asuransi kesehatan bagi para pekerjanya pada 1888?"

bahwa selama Perang Krim, pasukan Britania kehilangan sepuluh kali lebih banyak anggotanya karena disentri ketimbang karena luka-luka dalam pertempuran?"

bahwa Laika, seekor anjing betina, adalah makhluk hidup pertama yang menumpang wahana luar angkasa pada 3 November 1957? "

bahwa Laika, anjing pertama yang terbang di angkasa luar dengan Sputnik II, mati karena pasokan oksigennya habis? Kapsul angkasa luarnya terbakar ketika kembali memasuki atmosfer bumi."

bahwa James Dean mestinya membintangi film Somebody Up There Likes Me pada 1956, namun meninggal mendadak dalam kecelakaan mobil pada 1955? Pihak studio kelabakan. Akhirnya terpilihlah Paul Newman, aktor tak terkenal, dengan alasan ia paling mirip dengan Dean."

bahwa para firaun Mesir kuno mengenakan pakaian yang dibuat dari benang halus dari emas tempaan?"

bahwa pada 1868 Georg Carr bermain catur melawan seorang temannya dalam jarak sekitar 8 km dengan menggunakan teleskop dan semafor?"

bahwa warna kuning india mulanya dihasilkan di Munger, Bihar, India dari air kencing sapi yang hanya diberi makan daun-daun mangga dan air? Air kencing itu dikumpulkan, lalu dikeringkan, hingga menghasilkan bola-bola kuning yang sangat bau. Proses ini dilarang pada 1908 karena sapi-sapi itu sangat kekurangan gizi."

bahwa talek adalah mineral yang paling lembut?"

bahwa ratu kosmetik Helena Rubinstein menyediakan uang bagi Marc Chagall dan istrinya untuk melarikan diri dari kejaran Nazi dan pindah ke New York City pada 1941?"

bahwa kata klimaks dalam bahasa Yunani berarti tangga?"

bahwa Presiden George Washington dan John Adams harus menyediakan uang berjuta-juta dolar untuk membayar sejumlah bajak laut di Laut Tengah, sementara Kongres memperdebatkan pembentukan Angkatan Laut Amerika Serikat?"

bahwa bulu merak jantan mencapai kesempurnaannya ketika ia berusia tiga tahun, namun sebelum itu ia sudah dapat berbiak?"

bahwa dalam cerita asli karya Grimm bersaudara, dongeng Putri Salju dan Ketujuh Kurcaci, ratu yang kejam dihukum berdansa dalam sepatu besi yang membara sampai mati?"

bahwa batu kecubung melambangkan ketulusan? Menurut tradisi, batu ini adalah favorit Cleopatra dan Santo Valentinus."

bahwa sebelum menjadi penyanyi, Elvis Costello bekerja sebagai operator komputer di sebuah pabrik kosmetik Elizabeth Arden?"

bahwa capung dapat terbang dengan kecepatan 40 km/jam?"

bahwa anglerfish betina enam kali lebih besar daripada jantannya? Karena tak dapat makan sendiri, begitu dilahirkan si jantan segera mencari sang betina lalu bertengger di atas kepalanya seumur hidupnya. Sistem pencernaan dan sirkulasinya lalu menjadi satu."

bahwa Yuri Averbakh adalah seorang grandmaster catur yang juga seorang jagoan dalam permainan akhir? Ia ternyata tidak paham tentang peraturan rokade ketika bermain dalam sebuah turnamen internasional."

bahwa kebakaran hebat yang terjadi di California lalu akibat permainanan korek api seorang anak."

bahwa gajah mempunyai 40.000 otot dan urat di belalainya? Hal ini menjadikannya sangat kuat dan lentur, sehingga gajah dapat memetik bunga yang lembut atau mengangkat balok kayu yang besar."

bahwa di seluruh dunia terdapat lebih dari 150 jenis kuda? Dengan hampir 11 juta ekor kuda, Tiongkok memiliki jumlah kuda yang paling banyak!"

bahwa sekitar 40% dari penduduk negara berkembang di dunia berusia kurang dari 15 tahun?"

bahwa sekitar 20% dari penduduk Jepang berusia 65 tahun ke atas? Hal ini disebabkan oleh semakin bertambahnya pasangan yang enggan mempunyai anak di negara itu, sehingga timbul pertannyaan bagaimana Jepang dapat mempertahankan tingkat ekonominya tanpa tenaga kerja yang memadai jumlahnya."

bahwa menurut sebuah jajak pendapat, hanya 28% pasangan suami-istri yang setuju dalam hampir semua isu politik?

bahwa sampai sekarang peraturan di New York City masih mengharuskan ditempatkannya tiang-tiang penambat kuda di depan Balai Kota?

bahwa pada 1997 Étienne Bacrot menjadi Grandmaster termuda catur dalam usia 14 tahun 2 bulan? Ia juga menjadi master FIDE termuda pada usia 10 tahun, dan memenangi Kejuaraan Dunia Catur di Bawah Usia 12 Tahun pada tahun 1995.

bahwa anggota keluarga Felidae (kucing) yang paling besar tubuhnya adalah singa jantan? Beratnya dapat mencapai 225 kilogram."

bahwa Hotel Yamato (kini Hotel Majapahit Mandarin Oriental) yang menjadi saksi perjuangan rakyat Kota Surabaya masih bertahan hingga sekarang?"

bahwa Nathan Rothschild adalah orang Yahudi pertama yang menjadi anggota House of Lords? Rothschild berasal dari keluarga bankir terkemuka di Eropa. Ia baru dilantik sebelas tahun kemudian, setelah parlemen mengizinkannya disumpah sesuai dengan agama Yahudi."

bahwa Perhimpunan Pencinta Mawar Busuk adalah nama organisasi pencinta bawang putih di Berkeley, California? Anggotanya mengadakan festival bawang putih tahunan dan menerbitkan surat edaran yang diberi nama Garlic Times."

bahwa satu dari tiga lelaki Britania dari usia 17-35 tahun tewas dalam Perang Dunia I?"

bahwa ada lebih dari 100 juta ekor anjing dan kucing di Amerika Serikat? Orang Amerika menghabiskan lebih dari AS$5,4 milyar setiap tahunnya untuk binatang peliharaan mereka."

bahwa Deep Thought pernah menjadi komputer catur terkuat di dunia? Komputer ini mampu mencari 2 juta posisi catur per detik. Deep Thought menjadi komputer pertama yang mengalahkan seorang grandmaster dalam sebuah turnamen ketika ia menaklukkan Bent Larsen pada Pertandingan Terbuka AS 1988.

bahwa rata-rata tekanan darah seekor jerapah adalah dua atau tiga kali dari tekanan darah seorang manusia yang sehat?"

bahwa Kapten Nathaniel Butler, Gubernur Bermuda, mengirimkan sebuah kargo kentang kepada Francis Wyatt, Gubernur Virginia pada tahun 1621? Ini adalah untuk pertama kalinya kentang tiba di Amerika Utara."

bahwa berat daun teh Lipton yang dikonsumsi setiap tahun sama dengan berat 14.077 gajah afrika dewasa?"

bahwa Arnold Denker yang mendapat gelar Grandmaster Kehormatan dalam olahraga catur, pernah menjadi petinju, dan memenangi tiga kejuaraan Golden Gloves dengan knockout?"

bahwa pada 1968, Amerika Serikat mempunyai 25 orang pecatur buta di Perhimpunan Catur Braillenya, sementara Uni Soviet mempunyai 150.000 pemain catur buta dalam organisasi yang serupa di negara itu?

bahwa Tarzan, Texas adalah nama sebuah tempat di Texas? nama ini diberikan untuk menghormati Tarzan, tokoh fiktif dalam cerita yang sama. Sementara itu, Tarzana, Los Angeles, California adalah nama tempat di mana Edgar Rice Burroughs, sang pencipta tokoh Tarzan itu tinggal ketika ia menulis kisah petualangan tokoh rekaannya."

bahwa Victoria Claflin Woodhull adalah perempuan pertama yang mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat pada tahun 1872?"

bahwa pada abad ke-17, orang Perancis menyadari lezatnya kodok dan siput dan karena itu dimasukkan ke dalam menu makanan mewah mereka?"

bahwa dalam film Beauty and the Beast yang dibuat oleh Walt Disney Company pada tahun 1991, petunjuk jalan yang dijumpai ayah Belle di tengah hutan menunjuk kepada dua kota di California? Yang satu menunjuk ke Anaheim dan yang lainnya ke Valencia yang jalannya gelap dan menakutkan. Anaheim adalah kota tempat Disneyland, sementara taman hiburan Six Flags Magic Mountain, saingan Disney, terletak di Valencia!"

bahwa di Pennsylvania, Amerika Serikat, ada undang-undang yang menyatakan bahwa seorang pria tidak boleh membeli minuman keras tanpa persetujuan tertulis dari istrinya?"

bahwa kota Sunrise, Florida, mulanya dinamai Sunset, yang berarti "Senja", karena kota ini direncanakan sebagai komunitas pensiunan? Pengembangnya segera menyadari bahwa kaum pensiunan tidak suka diingatkan bahwa mereka telah memasuki usia "senja" kehidupan mereka, karena itulah dipilih nama yang lebih optimistik."

bahwa Charles Curtis adalah orang Indian pertama yang terpilih menjadi Senator Amerika Serikat? Pada Maret 1929 ia mengundurkan diri dari jabatannya untuk menjadi Wakil Presiden di bawah Presiden Herbert Hoover."

bahwa Esteban Canal, seorang pemain catur Peru memperoleh gelar Grandmasternya pada tahun 1977 dalam usia 81 tahun?"

bahwa Grover Cleveland, presiden ke-22 dan ke-24 Amerika Serikat pernah menjadi sheriff di Kabupaten Erie, New York dan pada saat yang sama juga seorang algojo? Sebagai algojo, Cleveland pernah menggantung sendiri dua orang pembunuh hingga mati!"

bahwa cerita Dr. Jekyll and Mr. Hyde yang ditulis oleh Robert Louis Stevenson bertema tentang orang yang memilki kepribadian ganda?

bahwa kota Rome, Georgia dinamai demikian karena kota itu terletak di atas tujuh bukit, seperti halnya kota kuno Roma?"

bahwa pada tahun 1979, Presiden Jimmy Carter dari Amerika Serikat menandatangani sebuah undang-undang yang mengesahkan pembentukan Departemen Pendidikan di negara itu? Sebelumnya departemen ini dipersatukan di bawah Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan."

bahwa Knut Agung adalah raja Denmark, Inggris, Norwegia dan sebagian Swedia yang berkuasa pada abad ke-11? Ia belajar bermain catur dalam sebuah ziarah ke Roma. Ia memerintahkan seorang bangsawan Denmark dibunuh karena sang bangsawan membalikkan papan catur setelah Raja membuat langkah yang keliru dan mencoba membatalkannya."

bahwa bercak-bercak hitam pada sapi holstein mirip dengan sidik jari? Setiap sapi memiliki bercaknya sendiri dan tidak ada dua sapi yang memiliki pola yang sama."

bahwa di New York City terdapat lebih dari 1 juta anjing liar dan lebih dari 500.000 kucing liar?

bahwa pada 21 Maret 1999, Breitling Orbiter 3 menjadi balon terbang pertama yang terbang mengelilingi dunia tanpa berhenti? Penerbangan yang diawaki oleh Bertrand Piccard dan Brian Jones ini berlangsung selama 19 hari, 21 jam, dan 47 menit."

bahwa Danau Webster di Massachusetts yang terletak di tengah negara bagian itu disebut demikian karena orang mengalami kesulitan dalam mengucapkan namanya yang sebenarnya? Nama sebenarnya danau itu adalah "Danau Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg."

bahwa Aristoteles percaya bahwa fungsi utama otak manusia adalah mendinginkan darah?"

bahwa "Layla", suatu lagu dari Eric Clapton, ditulis untuk Patty Boyd?

bahwa hanya empat negara Asia yang tidak pernah secara resmi dijajah oleh bangsa Barat, mereka adalah Turki, Afganistan, Thailand dan Jepang? Karena Turki lebih dianggap sebagai bangsa Eropa walau sebagian besar wilayahnya berada di Asia, Afghanistan dan Thailand, merdeka hanya karena dianggap sebagai negara penyangga (buffer country) masing-masing untuk Rusia-Inggris dan Inggris-Prancis, maka satu-satunya negara Asia yang tidak dapat dijajah hanyalah Jepang, yang akhirnya takluk pada Perang Dunia II.

bahwa Hong Kong terdiri dari satu semenanjung dan 236 pulau?

bahwa coklat mengandung sejumlah besar asam oksalat?

bahwa Dataran tinggi Tibet dikenal sebagai "atap dunia"?

bahwa kata panik berasal dari nama dewa Yunani, Pan? Menurut kepercayaan Yunani, Pan suka berteriak-teriak pada tengah malam. Orang Yunani yang mendengar suara-suara ini, seringkali menjadi panik."

bahwa ketika ia masih hidup, nama keluarga William Shakespeare ditulis dalam 83 cara yang berbeda? Shakespeare sendiri mengejanya dalam 10 cara."

bahwa kota Edinburgh di Skotlandia dibangun di atas sebuah gunung berapi yang telah mati?"

bahwa belut muda semuanya berkelamin betina? Dalam perkembangan selanjutnya beberapa ekor akan berubah kelamin menjadi jantan akibat pengaruh lingkungan."

bahwa kata panik berasal dari nama dewa Yunani, Pan? Menurut kepercayaan Yunani, Pan suka berteriak-teriak pada tengah malam. Orang Yunani yang mendengar suara-suara ini, seringkali menjadi panik."

bahwa ketika ia masih hidup, nama keluarga William Shakespeare ditulis dalam 83 cara yang berbeda? Shakespeare sendiri mengejanya dalam 10 cara."

bahwa kota Edinburgh di Skotlandia dibangun di atas sebuah gunung berapi yang telah mati?"

bahwa belut muda semuanya berkelamin betina? Dalam perkembangan selanjutnya beberapa ekor akan berubah kelamin menjadi jantan akibat pengaruh lingkungan."

bahwa di Kutub Utara tidak ada pinguin? Ke-17 jenis pinguin yang ada di dunia hanya dapat ditemukan di bawah garis Khatulistiwa, terutama di Antarktika."

bahwa ada sekitar 50 spesies ular laut, dan kesemuanya berbisa? Ular laut banyak sekali ditemukan di daerah pantai dari Teluk Persia hingga Jepang dan sekitar Australia dan Melanesia. Bisa mereka sepuluh kali lebih dahsyat daripada bisa ular kobra, sehingga orang yang digigitnya biasanya mati dalam waktu 2½ jam."

bahwa pada masa Perang Dunia I, tentara Perancis yang ketahuan sebagai homoseksual dapat dikenai hukuman mati?"

bahwa orang-orang Eropa mula-mula menolak untuk memakan kentang karena tanaman itu tidak disebutkan di dalam Alkitab? Yang lainnya mengatakan bahwa memakan kentang dapat menyebabkan orang menderita sakit tertentu!"

bahwa setelah Presiden Ronald Reagan membeli alat bantu dengarnya, jumlah penjualan alat itu di Amerika Serikat meningkat 40%?"

bahwa 75% dari semua pepohonan di Australia adalah pohon Eukaliptus?"

bahwa perusahaan Coca Cola adalah pengguna gula terbesar di dunia?"

bahwa dari sebatang kayu berukuran 122 cm x 122 cm x 244 cm dapat diperoleh 75 juta buah tusuk gigi?"

bahwa dalam usia 43 tahun John F. Kennedy adalah orang termuda yang terpilih sebagai presiden Amerika Serikat, dan juga presiden termuda yang meninggal, dalam usia 46 tahun? Kennedy juga satu-satunya presiden yang memperoleh Penghargaan Pulitzer untuk biografinya "Profiles in Courage"."

bahwa pada tahun 2000, caddy Tiger Woods mendapat bayaran AS$1 juta?"

bahwa 40% dari anggota militer Amerika Serikat berasal dari etnis minoritas?"

bahwa Kaisar Caligula dari Romawi kuno, mengangkat kuda kesayangannya, Incitatus sebagai konsul Roma?"

bahwa penjepit kertas ditemukan pertama kali oleh Johann Vaaler. Ia sudah menggambarnya sejak awal 1899.

bahwa Person of the Year tahun 1982 versi Majalah Time adalah komputer pribadi?"

bahwa Dwight D. Eisenhower adalah satu-satunya Presiden AS yang pernah berdinas dalam Perang Dunia I maupun Perang Dunia II?"

bahwa Aaron Alexandre (1766-1850) menulis buku Encyclopedie des Echecs (Ensiklopedi Catur), buku pertama yang memuat kumpulan dari semua pembukaan yang dikenal saat itu?"

bahwa anak perempuan Shakespeare buta huruf?"

bahwa Tchaikovsky pernah dibiayai selama 13 tahun oleh seorang janda kaya, dengan syarat bahwa mereka tidak akan pernah bertemu? Dan kenyataannya memang mereka tak pernah berjumpa."

bahwa buah nangka yang besar itu bukanlah buah yang sebenarnya? Buah nangka sebetulnya adalah tangkai buah yang termodifikasi. Bagian yang biasa dimakan itu adalah daging buah (mesokarp) yang sebenarnya."

bahwa bangsa Amerika mengkonsumsi lebih dari 160 ribu ton kalkun pada Hari Pencinta Kalkun Nasional, namun lebih dari 306 ribu ton kalkun pada hari Thanksgiving?

bahwa Presiden Gerald Ford berkampanye pada hari pernikahannya pada 1948 ketika ia mencalonkan diri untuk menjadi anggota Kongres? Ford adalah satu-satunya presiden yang mengalami dua kali percobaan pembunuhan oleh wanita!"

bahwa di negara bagian Vermont, Amerika Serikat, ada undang-undang yang menyatakan bahwa setiap orang harus mandi sekurang-kurangnya satu kali dalam seminggu?"

bahwa dalam bahasa Inggris hanya ada 4 kata yang berakhiran "dous", yaitu tremendous, horrendous, stupendous, dan hazardous.

bahwa kuku ibu jari (dalam gambar) lebih lambat tumbuhnya daripada kuku jari-jari tangan lainnya?"

bahwa Geraldine "Jerrie" Fredritz Mock adalah perempuan pertama yang melakukan penerbangan sendirian mengelilingi dunia?"

bahwa hanya 5% dari seluruh garam yang diproduksi di dunia digunakan untuk masakan?"

bahwa Conel Hugh O'Donel Alexander, juara catur Britania Raya pada 1938 dan 1956 pernah menjadi anggota tim pemecah kode rahasia Jerman untuk pemerintah Britania selama Perang Dunia II?"

bahwa 31% laki-laki mengaku suka memandang atau melirik perempuan lain ketika sedang bersama istri atau pacarnya, sedangkan 62% perempuan merasa bahwa suami atau pacarnya suka memandang atau melirik perempuan lain?"

bahwa otak manusia Neanderthal 100cc lebih besar daripada otak manusia modern?"

bahwa Robert Redford, Steve McQueen, dan Paul Newman menolak tawaran kontrak sebesar AS$4 juta untuk peranan utama dalam film Superman? Sementara itu, Christopher Reeve hanya dibayar AS$250.000 untuk peran tersebut!"

bahwa paus biru, mamalia terbesar, beratnya 50 ton ketika baru dilahirkan? Setelah dewasa, beratnya dapat mencapai 150 ton."

bahwa Napoleon Bonaparte menderita ailurofobia, yaitu rasa takut terhadap kucing?"

bahwa pada akhir Perang Saudara Amerika Serikat, 33% dari semua uang kertas Amerika Serikat yang beredar adalah palsu?" Pada 5 Juli 1865 Dinas Rahasia dibentuk sebagai bagian dari Departemen Keuangan untuk memerangi uang palsu."

bahwa Charlemagne, kaisar Frankia, tidak dapat menulis? Ia pernah belajar menulis di atas batu tulis, namun ia mengaku tidak pernah menguasai kecakapan itu. Meskipun demikian, ia dapat membaca."

bahwa William Howard Taft adalah satu-satunya orang yang pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Agung dan Presiden Amerika Serikat?"

bahwa laporan tertua tentang gerhana matahari terdapat dalam catatan Tiongkok? Menurut legenda, gerhana itu terjadi tanpa tanda-tanda karena astronom kerajaan, Hsi dan Ho, terlalu mabuk untuk membuat perhitungan yang perlu. Karena lalai dalam tugas, mereka dijatuhi hukuman mati."

bahwa 15.000 orang pasukan Kanada ikut berperang di pihak Amerika Serikat dan Britania dalam invasi Normandia pada Juni 1944? Pasukan-pasukan Kanada inilah yang pertama kali mencapai tujuan yang telah ditetapkan!"

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.