Monday, July 23, 2012

10 Hal Tersembunyi dalam Penerbangan



Pilot juga perlu Pipis

“Siapa saja yg berada di bagian depan pesawat saat penerbangan berlangsung, tentu tahu, ketika pilot akan ke toilet, atau “secara psikologis” butuh istirahat. Ketika sang pilot mau pipis, pramugari diperingatkan melalui interkom, selanjutnya pramugari memberi penghalang agar pilot dapat keluar dari kokpit tanpa ketahuan sebab tidak ada toilet khusus bagi pilot. Pernah kejadian di USA bahwa sang pilot salah mengambil handset dan tidak sengaja menanyakan seluruh penumpang jika mereka boleh 'keluar dan pipis'?



Kursi yang bagus

Jika Anda rentan terhadap mabuk perjalanan, cara terbaik adalah duduk di bagian sayap pesawat. Ketika pilot menggerakkan pesawat naik atau turun saat penerbangan berlangsung, kursi di bagian depan dan belakang yang akan mendapat pergerakan paling besar. Dan secara alami, bagian ekor pesawat cenderung bergerak lebih banyak dari bagian depan, jadi jauhi kursi belakang jika goncangan adalah masalah bagi Anda.



Saat Penerbangan berlangsung, Tanda “Fasten your seatbelt” adalah hal yang serius

Turbulansi tidak berbahaya bagi pesawat terbang bermesin jet, tapi berbahaya pada orang-orang didalamnya saat penerbangan berlangsung. Seperti kejadian lalu yg pernah menghempaskan orang ke plafon dan jatuh ke lantai pesawat, sehingga menyebabkan luka serius.



Tidak ada makan siang “gratis” pada penerbangan

Terima kasih kepada kebangkrutan penerbangan sejak tahun 2000, beberapa penerbangan domestik di Amerika masih menyediakan makanan kepada para kru. Para pilot dibolehkan untuk makan di kokpit ketika telah berada pada ketinggian jelajah tertentu, atau biasanya makan di foodcourts yang ada di bandara. Tidak seperti kehidupan penerbangan glamor sebelumnya.



Bahan bakar yang sangat mahal

Pengeluaran terbesar pada penerbangan adalah bahan bakar. Dan karna biaya bahan bakar sering berfluktuasi, begitu juga dengan harga tiket penerbangan. Kira-kira saja konsumsi rata-rata dua mesin pesawat, sekitar 15 gallon per menit saat berada di udara. Jadi bayangkan saja tagihan bahan bakar pada penerbangan luar negeri.



Peralatan elektronik harus dimatikan ?

Belum pernah ada pembuktian, tapi banyak yang bilang peralatan elektronik mengganggu instrumen pesawat terbang. Yang paling mungkin adalah peralatan yang mengirim/menerima signal seperti handphone atau laptop yang menggunakan wifi. Tapi dengan diproduksinya pesawat baru di era wireless sekarang ini, tentunya akan ada lebih banyak pesawat yang diproduksi yang membolehkan penumpangnya menggunakan peralatan elektronik saat penerbangan berlangsung.



Jangan remehkan Co-Pilot

Dalam perkembangan industri penerbangan selama 20 tahun terakhir atau mungkin lebih, banyak perusahaan penerbangan menjadi bangkrut atau berusaha berhemat yang berakibat pemberhentian banyak karyawan. Jika pilot kehilangan pekerjaannya dia akan pindah ke penerbangan lain, atau bekerja sebagai co-pilot pada level bawah dan tidak diberi penghargaan atas pengalamannya.



Kru pesawat yang lebih terlatih

Kebanyakan pramugari dan pilot dilatih dan diajarkan untuk pertahanan diri, begitu juga untuk mendeteksi dini kelakuan yang mencurigakan apalagi yang berkaitan terorisme. Pilot juga diijinkan untuk mengikuti program intensif sukarela yang diadakan di Federal Law Enforcement Training Center. Selama seminggu, mereka mempelajari banyak hal seperti cara menembak dengan pistol dan melumpuhkan orang yang membawa senjata. Ketika selesai, mereka diberi ijin untuk membawa sebuah pistol bersamanya ke dalam kokpit.



Kerja paruh waktu tidak dibolehkan

Pilot pesawat terbang kadang punya waktu istirahat yang cukup panjang disela-sela tugasnya, waktu yang cukup untuk melakukan hobi atau mencari pekerjaan lain. Tapi tidak dibolehkan bagi pilot yang melakukan penerbangan jauh untuk mencari pekerjaan tambahan. Karena mereka bekerja selama berjam-jam, maka mereka diberikan waktu yang cukup banyak untuk istirahat agar siap untuk penerbangan berikutnya. Jika waktu tersebut digunakan untuk mencari kerjaan lain, atau mengerjakan pekerjaan lain, mereka tidak akan cukup segar ketika kembali di kokpit yang membawa ratusan penumpang.



Pesawat terbang bukan mobil

Sebagai pilot pesawat terbang, tentunya hanya dibolehkan menerbangkan satu macam pesawat saja. Tidak seperti mobil, ketika bisa menyetir mobil merek Honda tentunya tidak masalah jika mengendarai mobil merek Toyota, misalnya. Dalam aturan penerbangan lisensi pilot pesawat terbang hanya membolehkan menerbangkan satu model pesawat terbang saja.


0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.