Tuesday, July 24, 2012

Tahukah kamu? part 3


bahwa Thomas Nast adalah orang pertama yang menyebutkan Kutub Utara sebagai tempat tinggal Sinterklas? Pada 1882 ia membuat kartun dengan Sinterklas yang duduk di sebuah kotak dengan alamat "Kotak Natal 1882, Sinterklas, Kutub Utara". Pendapatnya, Kutub Utara cocok sebagai tempat tinggal sang kakek baik hati itu."

bahwa para pengawal di Tembok Besar di Tiongkok pada Abad Pertengahan seringkali dilahirkan, dibesarkan, menikah, meninggal dan dikuburkan di situ juga? Banyak dari mereka yang tidak pernah meninggalkan Tembok itu sepanjang hidupnya."

bahwa Henry Ford membutuhkan tujuh tahun untuk memproduksi 1 juta mobil? Setelah angka itu dicapai pada 1924, ia hanya membutuhkan 132 hari kerja untuk memproduksi 9 juta mobil lagi!"

bahwa Cheetah (citah) adalah hewan darat yang dapat berlari dengan kecepatan paling tinggi. Ia dapat berlari dengan kecepatan 95 km/jam."

bahwa di Ukraina, bila orang menemukan sarang laba-laba di dalam rumah pada pagi Natal, hal itu diyakini sebagai tanda keberuntungan? Karena itu bangsa Ukraina sering meletakkan laba-laba buatan bersama sarangnya di pohon Natal mereka."

bahwa Yongle dadian adalah sebuah ensiklopedi dari masa Dinasti Ming di Tiongkok? Ensiklopedi ini terdiri dari 22.937 bab, dengan 10.000 volume. Lebih dari 2000 sarjana Tiongkok mengerjakan buku ini selama lima tahun."

bahwa klub bola basket Harlem Globetrotters pernah bermain di depan satu orang penonton saja? Pada tahun 1921 mereka bermain hanya untuk Paus Pius XI."

bahwa orang kidal cenderung mengunyah makanannya pada sisi sebelah kiri mulutnya? Demikian pula sebaliknya dengan orang yang tangan kanannya lebih dominan."

bahwa permen tongkat yang banyak dijadikan hiasan Natal mulanya berbentuk batang lurus putih dari gula? Seorang dirigen di Katedral Köln membengkokkan ujungnya sedikit untuk menggambarkan tongkat gembala untuk dibagikan kepada anak-anak kecil agar mereka tenang selama misa berlangsung. Baru pada abad ke-20 tongkat itu diberi garis-garis merah."

bahwa Ajib adalah mesin catur pertama yang dibuat oleh Charles Hopper pada 1865? Mesin ini dijalankan oleh beberapa jago catur yang masuk ke dalamnya. Seorang pemain yang dikalahkan Ajib menembaknya hingga sang operator terluka."

bahwa rata-rata satu orang Amerika makan lebih dari 365 butir kentang setiap tahunnya?"

bahwa hari raya Natal awalnya tidak jatuh pada bulan Desember?"

bahwa lagu Natal populer The Twelve Days of Christmas konon pertama-tama digunakan sebagai sarana untuk pengajaran iman Katolik secara rahasia di Britania Raya ketika agama Katolik ditindas oleh pemerintah yang Protestan?"

bahwa di negara bagian Florida dan Michigan terdapat kota yang dinamai Christmas, sementara di Indiana ada kota Santa Claus?"

bahwa lead pencil yang biasa kita temui di pasar sama sekali tidak mengandung lead (Bahasa Inggris: lead=timbal)?"

bahwa menurut survai nasional di Amerika Serikat, 80% dari semua guru di Taman Kanak-kanak hingga kelas 8 di negara itu pernah menerima cokelat sebagai hadiah dari murid-murid mereka?"

bahwa pada 1965 duet Simon and Garfunkel menerbitkan lagunya "Silent Night/7 O'Clock News"? Dalam lagu Silent Night versi mereka terdengar berita radio yang semakin menguat, penuh dengan berita tentang kekerasan dan kejadian tragis yang kontras dengan berita damai di dalam lagunya."

bahwa pada hari Natal di Ukraina, masyarakat menyiapkan makan malam tradisional yang terdiri dari 12 jenis makanan? Anak terkecil di dalam keluarga itu mengamati lewat jendela munculnya bintang malam yang menjadi tanda bahwa pesta makan malam dapat dimulai."

bahwa di Britania Raya, Undang-Undang Hari-hari Suci dan Puasa yang masih berlaku sejak 1551, mewajibkan setiap warga negara menghadiri kebaktian Natal di sebuah gereja Kristen, dan dilarang menggunakan kendaraan apapun untuk pergi ke gereja itu?"

bahwa pada pesta Natal yang mewah di Abad Pertengahan, angsa dan merak kadang-kadang disajikan dengan lapisan safron yang telah dicelupkan ke dalam mentega cair?"

bahwa pada 1822 kepala kantor pos di Washington, D.C. merasa khawatir akan jumlah pos yang meningkat pada musim Natal? Ia menganjurkan agar dikeluarkan undang-undang yang membatasi jumlah kartu yang boleh dikirim seseorang."

bahwa Josef Stalin bukanlah pengisap pipa? Ia mengisap pipa hanya pada konferensi-konferensi dan bila tampil di muka umum, sementara sehari-hari ia seorang perokok berantai."

bahwa Presiden Amerika Serikat Lyndon Johnson menikah dengan menggunakan cincin pernikahan yang dibelinya seharga AS$2,50 dari toko serba ada Sears Roebuck?"

bahwa delapan orang Presiden Amerika Serikat dilahirkan sebagai warga negara Britania? Mereka adalah George Washington, John Adams, Thomas Jefferson, James Madison, James Monroe, J.Q. Adams, Andrew Jackson, dan William Harrison."

bahwa Elena Akhmilovskaya adalah Grandmaster catur yang menjadi penantang dalam perebutan Kejuaraan Catur Perempuan pada 1986? Pada 1988 ia kawin lari dengan Master Internasional dari Amerika Serikat, John Donaldson, ketika sedang bertanding dalam Olimpiade Catur di Yunani."

bahwa Max Born yang menghasilkan karya penting dalam mekanika kuantum dan penerima Hadiah Nobel Fisika pada 1954, adalah kakek dari penyanyi Olivia Newton-John?"

bahwa nama Louis digunakan oleh banyak tokoh Perancis, termasuk 18 orang raja di negara itu?"

bahwa di Hong Kong terdapat satu-satunya restoran McDonald's di dunia yang dibangun di sebuah tempat pacuan kuda?"

bahwa hampir satu dari empat orang mengaku sakit kepala di musim Natal daripada di waktu-waktu lainnya? Sebanyak 75% dari yang disurvai mengatakan mereka pusing karena tidak punya cukup waktu, 73% karena lalu lintas yang padat, dan 51% karena tidak makan."

bahwa di Huntington, West Virginia, ada hukum yang mengatakan bahwa orang boleh memukuli istrinya asalkan itu dilakukan di tempat terbuka, pada hari Minggu, dan di tangga gedung pengadilan?"

bahwa samudera yang paling kecil dan terdangkal di dunia adalah Samudera Arktik?"

bahwa diduga setidak-tidaknya 33% dari semua orang yang berambut pirang di Amerika Serikat sesungguhnya bukan warna alamiah?"

bahwa sel-sel yang membentuk tanduk rusa besar adalah yang paling cepat pertumbuhannya di dalam alam.

bahwa minuman soda bergas diciptakan pada tahun 1767 oleh Joseph Priestley? Bersama Antoine Lavoisier ia menemukan oksigen."

bahwa aspirin dijual sebagai obat pada tahun 1899 setelah Felix Hoffmann, seorang kimiawan Jerman di perusahaan obat Bayer berhasil memodifikasi asam salisilat, senyawa yang ditemukan dalam kulit kayu dedalu?"

bahwa ketika bertunangan dengan Louis XIV dari Perancis, Putri María Teresa dari Spanyol memberikan tunangannya hadiah berupa cokelat yang ditempatkan dalam sebuah kotak berukir yang indah?"

bahwa Lillian Moller Gilbreth adalah seorang perintis ergonomik? Gilbreth banyak mematenkan temuannya, termasuk alat pencampur makanan dari listrik dan tempat sampah dengan penutup yang dapat dibuka dengan injakan kaki."

bahwa madu adalah satu-satunya makanan yang tidak akan pernah basi/membusuk."

bahwa otot yang paling kuat di tubuh manusia adalah otot lidah."

bahwa Rockwell Sayre dari Chicago mengklaim berhasil memusnahkan 7 juta kucing dalam tiga bulan pertama kampanyenya untuk membasmi kucing. Pada 1925 ia memperpanjang kampanyenya 10 tahun lagi, karena masih banyak kucing yang masih hidup. Tak lama kemudian ia sendiri meninggal dunia."

bahwa nama tengah Presiden Harry S. Truman dari Amerika Serikat bukanlah singkatan? Karena itu, katanya, huruf S itu tidak boleh diikuti dengan titik. Namun dokumen-dokumen resmi dan perpustakaan kepresidenannya semua menggunakan titik setelah huruf S itu."

bahwa papan catur dengan kotak-kotak hitam-putih pertama kali muncul di Eropa pada 1090?"

bahwa pada tahun 1996 Vinay Bhat menjadi master catur termuda Amerika Serikat dalam usia 10 tahun 6 bulan? Rekor sebelumnya dipegang oleh Jordy Mont-Reynaud."

bahwa Julius Caesar menetapkan tanggal 1 Januari sebagai hari pertama di tahun yang baru?"

bahwa Auld Lang Syne adalah judul lagu dalam bahasa Skotlandia yang biasa dinyanyikan setelah pukul 12 malam yang menandai pergantian tahun? Judul lagu ini berarti 'Old Long Ago'."

bahwa bangsa Babilonia dan bangsa Tionghoa merayakan Tahun Baru pada awal musim semi untuk menandai peralihan musim? Kedua bangsa ini telah merayakannya sejak ribuan tahun yang lalu, sebelum kalender Masehi dikenal orang."

bahwa janji atau resolusi yang paling banyak dibuat oleh orang Amerika pada hari Tahun Baru adalah mengurangi berat badan?"

bahwa pemenang Penghargaan Nobel dalam Sastra, Elias Canetti, mengarang buku Die Blendung pada 1935 yang tokoh utamanya bernama Fischer? Fischer bercita-cita menjadi juara catur dunia dan membeli pakaian dari penjahit terbaik di dunia. Pada 1970, Bobby Fischer merebut gelar juara catur se-dunia."

bahwa Gurun Namib adalah gurun pasir tertua di dunia, dan satu-satunya gurun yang dihuni oleh gajah, badak, jerapah, dan singa?"

bahwa ribuan pendukung tim sepak bola Argentina gagal menonton pertandingan final pada 1930, karena kapal-kapal mereka tertunda oleh kabut yang sangat tebal? Delapan dari sepuluh kapal yang dicarter tidak dapat tiba pada waktunya. Untunglah wasit pertandingan menumpang kapal pertama yang tiba di tujuan."

bahwa Emerson Moser, pembuat krayon dari Crayola LLC, mengungkapkan pada saat pensiunnya bahwa ia buta warna biru-hijau dan karena itu ia tidak dapat mengenali seluruh warna krayon yang diproduksi perusahaannya? Moser mencetak lebih dari 1,4 milyar krayon selama kariernya yang berlangsung 37 tahun!"

bahwa James Abram Garfield, presiden ke-20 Amerika Serikat, ditembak hanya 131 hari setelah ia menjabat sebagai presiden? Ia meninggal dua bulan kemudian karena darahnya keracunan. Dokter berkali-kali mencari-cari peluru yang ada di tubuhnya dengan peralatan yang tidak steril."

bahwa sutradara Alfred Hitchcock menggunakan sirop cokelat sebagai darah dalam adegan pembunuhan di kamar mandi dalam film Psycho? Adegan 45 detik ini membutuhkan waktu 7 hari untuk membuatnya!"

bahwa Ottó Bláthy menciptakan problem catur yang paling panjang? Lawan akan mati dalam 290 langkah!"

bahwa di Central Park, sebuah taman di New York City terdapat sekurang-kurangnya 226.000 batang pohon?"

bahwa gedung parlemen Australia yang baru di Canberra adalah salah satu gedung terbesar di bumi bagian selatan? Bangunannya sendiri mencakup hampir 15% dari total 32 hektare luas tanahnya, dan mempunyai 4.500 ruangan. Luas lantainya sekitar 250.000m²."

bahwa dasi pertama kali dikenakan oleh orang Kroasia? Para tentara bayaran Kroasia mengenakan dasi ini di Perancis dan menimbulkan rasa ingin tahu warga Paris. Karena itulah ia dalam bahasa Perancis disebut cravate yang merupakan kesalahan pelafalan dari "Croat" — Bahasa Kroasia "Hrvat".

bahwa lebih dari sepertiga orang dewasa mematikan alarm jam weker mereka setiap pagi, rata-rata tiga kali sebelum mereka bangun? Yang paling sering melakukan ini adalah mereka yang berusia 25-34 tahun."

bahwa untuk mencegah pemborosan, kelebihan makan dan pencemaran air, ikan di akuarium harus diberi makan dua kali sehari dengan jumlah makanan yang dapat dihabisi dalam waktu lima menit?"

bahwa kebanyakan burung harus makan sekurang-kurangnya setengah berat badan mereka setiap hari?"

bahwa seorang tukang pos di Amerika Serikat rata-rata mengantarkan surat ke 300 alamat? Hal ini sebanding dengan melakukan 600 rangkaian langkah aerobik setiap harinya."

bahwa ikan paus kelabu bermigrasi sekitar 20.000 km setiap tahunnya? Ini adalah migrasi terjauh yang dilakukan oleh seekor mamalia."

bahwa Antarktika adalah satu-satunya benua yang tak memiliki reptil ataupun ular?"

bahwa sebelum menjadi bintang film, Humphrey Bogart sering menantang siapa saja bermain catur 5 menit dengan biaya 50 sen untuk sekali main di Times Square, New York City? Pada 1943 FBI melarangnya bermain catur lewat pos, karena menyangka notasi caturnya adalah kode-kode rahasia."

bahwa pada Abad Pertengahan orang-orang muda mengambil sebuah nama dari sebuah bejana untuk melihat siapakah Valentine mereka? Nama ini lalu disimpan di lengan baju mereka selama seminggu."

bahwa ada kepercayaan di masa lampau bahwa pada hari Valentine, seorang gadis kelak akan menikahi lelaki lajang pertama yang ia jumpai pada hari itu."

bahwa seorang gadis dapat mencari tahu siapa calon suaminya dengan pergi ke makam St. Valentinus pada tengah malam menjelang perayaan tersebut. Ia kemudian harus menyanyikan suatu lagu yang telah ditentukan dan lari mengelilingi gereja sebanyak 12 kali!"

bahwa kota Verona di Italia, tempat tinggal Romeo dan Juliet, sepasang kekasih dalam cerita Shakespeare, tiap tahun menerima sekitar 1.000 pucuk surat yang ditujukan kepada Juliet pada setiap hari Valentine."

bahwa lebih dari 60 juta cokelat kelinci dan 36 juta kotak cokelat dijual untuk Hari Valentine?"

bahwa Cecil De Vere adalah juara pertama catur resmi Britania yang memperoleh gelar tersebut pada usia 21 tahun pada 1866? Selama lebih dari satu abad ia tetap merupakan pemegang gelar juara catur termuda. Namanya yang sebenarnya adalah Valentine Brown karena ia dilahirkan pada Hari Valentine."

bahwa bintang film Rudolph Valentino seringkali ditulis namanya dalam kredit film sebagai Rudolph Valentine? Untuk perannya yang pertama dalam film "Alimony" (1917), ia dibayar AS$5,00 per hari selama pengambilan film."

bahwa untuk menyelamatkan Piala Jules Rimet dari pemerintah Jerman Nazi, Dr. Ottorino Barassi, Wakil Presiden FIFA Italia, menyelundupkannya dari sebuah bank di Roma dan menyembunyikannya di bawah tempat tidurnya selama perang sebelum Piala Dunia FIFA 1950?"

bahwa Thomas Paine merancang jembatan pertama yang panjang, yang melintasi sungai tanpa tiang penyangga di tengahnya?"

bahwa karena cepatnya peredaran Bumi mengitari matahari, gerhana matahari tak mungkin berlangsung lebih dari 7 menit dan 58 detik?"

bahwa hanya nyamuk betina yang menggigit dan menghisap darah sementara nyamuk jantan hanya menghisap sari bunga?"

bahwa lagu kebangsaan Yunani mempunyai 158 bait?"

bahwa suatu hari Margaret Herrick, pustakawati untuk Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengatakan bahwa patung Academy Award mirip sekali dengan pamannya yang bernama Oscar? Sejak itu orang terus menyebut piala itu sebagai Piala Oscar!"

bahwa cheetah adalah hewan tercepat di dunia?"

bahwa matahari adalah jenis bintang yang kecil?""

bahwa kipas angin di langit-langit menggunakan tenaga listrik yang sama banyaknya dengan lampu 60 watt? Itu berarti listrik yang digunakan sekitar 98% lebih sedikit daripada kebanyakan pendingin udara!"

bahwa setiap kali Napoleon Bonaparte mengenakan sapu tangan hitam di lehernya pada suatu pertempuran, ia selalu menang? Di Waterloo, ia mengenakan dasi putih, dan kalah!"

bahwa bayi dilahirkan dengan 300 potong tulang, namun pada usia dewasa kita hanya mempunyai 206 tulang di tubuh kita?"

bahwa Perempuan berkedip dua kali lebih banyak dari pada laki-laki?"

bahwa bentuk kuda tertua yang masih bertahan hingga sekarang adalah kuda Przewalski, atau kuda liar Mongolia? Kuda ini ditemukan oleh Nikolai Przhevalsky di Gurun Gobi pada 1881, seorang jenderal Rusia yang mengadakan ekspedisi ke Mongolia."

bahwa raja Spanyol membuat investasi sebesar AS$6.000 dalam ekspedisi pertama Columbus? Dalam satu abad, investasi telah berkembang menjadi AS$1.750.000 dalam bentuk emas!"

bahwa pada 1832, ahli bedah Skotlandia Neil Arnott merancang tempat tidur air sebagai cara untuk meningkatkan kenyamanan pasiennya?"

bahwa kedua sisi otak lumba-lumba bekerja secara terpisah? Selama 8 jam, kedua sisi otak itu sadar. Kemudian sisi yang kiri akan tidur selama 8 jam. Setelah sisi itu terbangun, sisi yang kanan akan tidur selama 8 jam. Dengan demikian lumba-lumba bisa tidur selama 8 jam tanpa harus berhenti secara fisik."

bahwa 14 tahun sebelum kapal Titanic berlayar pada bulan April 1912 dalam pelayaran perdananya dari Southampton ke New York City, terbit novel yang berjudul "Futility"? Kisahnya adalah tentang sebuah kapal mewah terbesar di dunia yang tak bisa tenggelam dan berlayar di Samudera Atlantik!"

bahwa albatros meminum air laut? Burung ini mempunyai alat khusus di dalam tubuhnya yang dapat memisahkan garam dan kemudian mengeluarkannya dari tubuhnya?

bahwa majalah Chocolatier yang terbit empat kali dalam sebulan di Amerika Serikat mengkhususkan diri dalam menerbitkan segala sesuatu yang berkaitan dengan cokelat?"

bahwa ketika para pejabat di sebuah kota mencari sampanye pada 1927 untuk menyambut Charles Lindbergh yang baru kembali dari penerbangan bersejarahnya melintasi Samudra Atlantik, mereka tidak dapat membelinya, kecuali untuk obat atau kebutuhan keagamaan? Akibatnya para petugas polisi sibuk mencari surat keterangan dari beberapa gereja, kemudian kembali untuk membeli sampanye itu."

bahwa pada 1995 setiap orang Amerika rata-rata menggunakan 331,58 kg kertas? Jumlah ini dua kali lipat dari tahun 1980-an. Pemakaian komputer ternyata tidak menggantikan penggunaan kertas, malah meningkatkannya!"

bahwa kantor pusat nasional untuk Suaka Dunia Kelelawar terdapat di Mineral Wells, Texas? Di sini lebih dari 150 kelelawar dari seluruh dunia mendapatkan tempat berlindung."

bahwa di Antarktika terdapat 42 stasiun penelitian sepanjang tahun? Di musim panas ada 4000 orang yang tinggal di benua ini, sementara di musim dingin hanya ada 1.000 orang."

bahwa Presiden AS Grover Cleveland tidak menempuh pendidikan formal? Ia adalah satu-satunya presiden AS yang menjabat dua kali tidak berturut-turut."

bahwa Suaka Dunia Kelelawar dihuni oleh kelelawar yang tak dapat dilepaskan ke alam bebas kembali, termasuk yang pernah digunakan untuk penelitian, kehilangan induknya, cacat tetap, disita dari penjual binatang yang tidak sah, atau terlalu tua untuk diletakkan di kebun binatang."

bahwa cokelat batangan dulunya dibuat dari cokelat yang pahit-manis? Cokelat susu diperkenalkan pada tahun 1875 oleh Henri Nestlé, pembuat susu kental dan Daniel Peter, pembuat cokelat. Bersama-sama mereka menciptakan cokelat susu yang kini disukai oleh 80% penduduk dunia."

bahwa ketika mengetik orang menggunakan tangan kiri sekitar 56% dibandingkan dengan tangan kanan?"

bahwa tulisan YKK pada ritsleting anda adalah singkatan dari Yoshida Kogyo Kabushikigaisha perusahaan manufaktur ritsleting terbesar di dunia?"

bahwa Bambu sebenarnya adalah anggota keluarga paling besar dari rumput?"

bahwa Robert Browning menggunakan chianti, sejenis anggur merah untuk menolong menyembuhkan istrinya, Elizabeth Barrett Browning, dari kecanduan laudanum?"

bahwa jerapah jantan mencari makan di pohon-pohon yang lebih tinggi daripada betinanya, sehingga tidak perlu terjadi persaingan antara kedua jenis yang berbeda?"

bahwa Benjamin Franklin bangga karena ia menjadi pemilik pertama bak mandi di seluruh Amerika?"

bahwa di Amerika Serikat, orang Demokrat lebih besar kemungkinannya memelihara kucing daripada orang Republikan?"

bahwa Paul Newman ditolak ikut serta dalam program latihan penerbang Angkatan Laut Amerika Serikat pada Perang Dunia II, karena ia buta warna?"

bahwa tim nasional sepak bola Rumania pada Kejuaraan Sepak Bola Dunia 1930 dipilih oleh rajanya sendiri? Raja Carol II yang gila bola juga meminta para majikan masing-masing pemain untuk memberikan cuti tiga bulan dengan gaji penuh!"

bahwa ibunda Presiden Harry S. Truman adalah seorang simpatisan Konfederasi, dan karenanya ia menolak tidur di tempat tidur Lincoln bila ia berkunjung ke Gedung Putih?"

bahwa pada 1991, Laura Dern bersama ibunya, Diane Ladd memperoleh nominasi Oscar untuk peran mereka dalam film Rambling Rose - Dern sebagai Aktris Terbaik dan ibunya sebagai Aktris Pembantu Terbaik? Inilah kali pertama dalam sejarah Oscar, pasangan ibu dan anak memperoleh nominasi untuk film yang sama."

bahwa pelawak dan aktor legendaris Bob Hope menjadi pembawa acara sebanyak 16 kali baik sendirian maupun bersama orang lain dalam penganugerahan Academy Award? Ia juga memegang rekor 27 kali ikut serta dalam acara serupa."

bahwa Marilyn Monroe mengakui mengalami kesulitan ketika harus menyesuaikan diri dengan namanya yang baru dari nama lamanya, Norma Jean Baker? Ketika membuat tanda tangannya yang pertama, ia harus pelan-pelan, karena ia tidak begitu yakin bagaimana mengeja nama "Marilyn" — di mana ia mesti meletakkan huruf 'i', dan di mana 'y'."

bahwa semangat anti-royalis menyebabkan para kolonis di Amerika berusaha mengganti nama-nama buah catur menjadi Gubernur, Jenderal, Kolonel, Mayor, Kapten, dan Pionir?"

bahwa menurut novelnya, Robinson Crusoe tinggal selama 28 tahun terdampar di pulaunya?"

bahwa muskellunge, ikan resmi negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat, adalah ikan petarung yang gigih dan beratnya dapat mencapai sekitar 32 kg?"

bahwa Presiden Amerika Serikat Zachary Taylor tak pernah ikut pemilihan umum, tidak menjadi anggota partai politik, tak pernah berminat dalam politik, sampai ia mencalonkan diri sebagai presiden pada usia 62 tahun? Ketika tinggal di Gedung Putih, ia membiarkan kuda militernya berkeliaran dan makan rumput di halaman istana!"

bahwa lebih dari 90% perburuan di kalangan singa dilakukan oleh sang betina? Sementara si jantan enggan mengambil risiko untuk nyawanya, atau lebih suka beristirahat."

bahwa siput menghasilkan cairan lengket tak berwarna yang berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk mereka merayap? Cairan ini begitu efektifnya, sehingga siput dapat merayap di ujung silet tanpa terpotong!"

bahwa Presiden Richard M. Nixon meletakkan sebuah kotak musik di meja kantornya yang bila dibuka akan memainkan lagu "Hail to the Chief"? Lagu ini selalu diperdengarkan ketika Presiden Amerika Serikat memasuki ruangan."

bahwa di Guthrie, Oklahoma, terdapat Museum Pemantik Nasional? Di sini dikoleksi 20.000 jenis benda yang mewakili 85.000 tahun sejarah pemantik api dalam hidup manusia. Ini adalah museum satu-satunya di dunia yang mengumpulkan dan melestarikan sejarah evolusi pemantik dan geretan."

bahwa rolet diciptakan oleh filsuf dan matematikawan besar Perancis, Blaise Pascal? Rolet adalah produk sampingan dari eksperimennya tentang gerakan abadi."

bahwa Adolf Anderssen adalah pemain catur terkuat di dunia antara 1859-1866? Ketika meninggal dunia, obituarinya mencapai 19 halaman."

bahwa otak udang sangatlah kecil dan terletak di bagian kepalanya?

bahwa IBM PC 5150 adalah komputer yang menjadi basis utama seluruh komputer di dunia? (Tidak termasuk Macintosh, Solaris)

bahwa novel "Futility" mengisahkan kapal yang mirip dengan Titanic? Seperti Titanic, para penumpang kapal ini adalah para warga kelas atas masyarakat. Kapal ini juga tidak mempunyai cukup sekoci. Menurut cerita, pada malam bulan April yang dingin, kapal itu menabrak sebuah gunung es dan tenggelam di Atlantik. Nama kapal dalam novel karya Morgan Robertson ini adalah The Titan!"

bahwa Serikat Sutradara Amerika mengadakan pemogokan pada 14 Juli 1987 di Hollywood, California, terhadap Warner Brothers dan Columbia Pictures pada pk. 6.00 pagi? Lima menit kemudian, pada pk. 6.05 hari yang sama, tercapailah kesepakatan kontrak film dan televisi."

bahwa pada 1845 kota Boston, Massachusetts mengeluarkan peraturan yang melarang orang mandi kecuali bila diperintahkan oleh dokter dalam resepnya?

bahwa Emily Dickinson menulis lebih dari 900 buah puisi, namun hanya empat yang diterbitkan selama hidupnya?"

bahwa hoatzin , burung berwarna hijau zaitun dari Amerika Selatan, mempunyai dua cakar pada masing-masing sayapnya pada waktu masih kecil? Bila diganggu, bayi burung ini akan menjatuhkan diri ke air, lalu dengan sayap bercakarnya ia akan memanjat kembali ke sarangnya."

bahwa di Milano, Italia ada peraturan yang mewajibkan warganya untuk selalu tersenyum? Pengecualian diberikan bagi mereka yang mengunjungi pasien di rumah sakit atau menghadiri pemakaman. Pelanggar akan didenda sebesar AS$100."

bahwa nama keluarga yang paling umum dari para peserta dalam Kejuaraan Sepak Bola Dunia adalah Gonzalez atau Gonzales?"

bahwa Margaret Higgins Sanger, seorang perintis keluarga berencana, mempunyai 10 orang saudara kandung, sementara ibunya pernah hamil 18 kali?"

bahwa setiap tahun orang Amerika mengeluarkan lebih banyak uang untuk makanan anjing daripada untuk makanan bayi?

bahwa ketika menciptakan skalanya, Anders Celsius menetapkan 100 derajat sebagai titik beku, sementara 0 derajat sebagai titik didih? Baru setelah ia meninggal dunia, rekan-rekan ilmuwannya mengubah skala tersebut."

bahwa Margaret Higgins Sanger, seorang perintis keluarga berencana, mempunyai 10 orang saudara kandung, sementara ibunya pernah hamil 18 kali?"

bahwa setiap tahun orang Amerika mengeluarkan lebih banyak uang untuk makanan anjing daripada untuk makanan bayi?

bahwa ketika menciptakan skalanya, Anders Celsius menetapkan 100 derajat sebagai titik beku, sementara 0 derajat sebagai titik didih? Baru setelah ia meninggal dunia, rekan-rekan ilmuwannya mengubah skala tersebut."

bahwa jika matahari berdiameter satu inci (2,54 cm), maka bintang terdekat akan berjarak 445 mil (sekitar 716 km) jauhnya?"

bahwa puncak Menara Eiffel dapat berayun hingga 6-7 cm karena angin dan 18 cm karena panas?"

bahwa lem di perangko-perangko di Israel bersertifikat kosher?"

bahwa setelah makan, kucing selalu menjilati dirinya sendiri? Ini disebabkan nalurinya mengatakan bahwa mereka harus menghilangkan bau makanan dari diri mereka, agar pemangsa mereka tidak akan mencium bau makanan itu, dan mencari mereka untuk memakannya."


0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.