Sunday, October 13, 2013

Jenis-jenis Parfum

Jenis-jenis Parfum

Jenis-jenis Parfum Gadis

Pernah dengar istilah EDC, EDP, EDT? Jenis-jenis parfum ini punya sebutan dan kandungan yang berbeda-beda. 


Eau de Cologne (EDC)
Jenis wewangian ini yang paling ringan. Kadar alkoholnya paling tinggi dan hanya terdapat sekitar 5 persen campuran essence, sehingga wanginya cepat menguap. Meski tergolong ringan, cologne tetap jadi pilihan karena memiliki aroma yang menyegarkan tubuh dan tahan hingga 2-3 jam. Cocok digunakan sehabis mandi seperti body spray dan body splash.

Eau de Toilette (EDT)
Jenis wewangian ini satu tingkat lebih tinggi diatas cologne. Kadar alkoholnya tidak setinggi cologne, dengan kadar essence-nya sekitar 12 persen, sehingga wanginya cukup tahan lama. Jenis ini paling banyak dicari karena aromanya ringan, tidak terlalu tajam, dan awet hingga 6-12 jam.

Eau de Perfume (EDP)
Wanginya tahan lama hingga 24 jam. Jenis wewangian ini memiliki kadar alkohol yang lebih sedikit, sementara kadar essence-nya berkisar 15-22 persen, sehingga aroma wanginya kuat dan tahan lama sesuai bila digunakan saat malam hari seperti saat datang ke acara-acara formal seperti pesta.

For Men Eau De Toilette (EDT)
Memiliki konsentrasi terbesar dari esensi umumnya tersedia untuk pria dan karenanya ketahanan aromanya biasanya lama, hingga 5 jam. Hal ini sering tersedia baik percikan atau semprotan.

Aftershave
Kurang kuat, itu adalah pilihan yang paling populer dan berlangsung selama 2 sampai 3 jam. Aftershaves lebih ramah terhadap kulit daripada EDT. Sangat cocok bagim mereka yang memiliki kulit yang sangat sensitif.

Dengan adanya informasi ini semoga bisa membantu anda dalam membedakan istilah-istilah dalam merek parfum.


Perfume
Dari semua jenis wewangian, perfume paling awet dan bisa bertahan hingga 48 jam. Kadar essence-nya mencapai 22 persen tanpa campuran alkohol. Oleh kerena itu, hindari memakainya berlebihan karena wanginya cukup menyengat. 

Perlu juga diperhatikan:
  • Saat mencoba parfum, sebaiknya tidak lebih dari dua jenis dan usahakan kulit dalam keadaan kering. Untuk merasakan wanginya, semprot ke arah kulit pergelangan tangan.
  • Hindari menuangkan parfum ke tangan saat memakainya, karena akan mempengaruhi keharuman kandungan parfum yang ada di dalam botol.
  • Agar wanginya tetap melekat di tubuh, gunakan parfum semprot. Selain lebih irit, percikan wewangian saat di semprot akan menyebar ke sekelilingnya.

Parfum terbuat dari alkohol yang dikombinasikan dengan minyak esensial (minyak atisiri) atau penguat aroma kimia.
Parfum atau wewangin memiliki banyak jenis. Parfum sebenarnya merupakan wewangian dengan kandungan minyak esensial paling besar.
Parfum umumnya mengandung hingga 30% minyak esensial, sedangkan Cologne hanya mengandung sekitar 1-2% minyak esensial.
Beberapa parfum hanya memiliki satu aroma seperti verbena namun sebagian besar memiliki kombinasi beberapa aroma.
Penting untuk diingat bahwa parfum bereaksi berbeda ketika disemprotkan pada orang yang berbeda.
Ini disebabkan setiap orang memiliki susunan kimia tubuh yang berbeda sehingga akan menciptakan aroma yang unik setelah parfum disemprotkan ke tubuh.
Itu sebab Anda harus mencoba parfum langsung pada kulit sebelum membelinya. Aroma yang tampak menyenangkan belum tentu akan cocok ketika telah disemprotkan ke tubuh.
Parfum atau wewangian umumnya dikelompokkan menjadi 6 macam:
1. Florals: melati, lilac, kacapiring, mawar
2. Herbal: lavender, bay, sage
3. Exotic: musk, ylang-ylang, vanili
4. Spice: kayu manis, jahe, cengkeh
5. Wood: pinus, cendana, cedar
6. Fruit: lemon, jeruk, persik

Parfum dapat dibuat di rumah dengan menggunakan gliserin atau minyak jarak. Sedang parfum komersial sering pula ditambahkan dengan minyak kesturi agar lebih tahan lama. Namun, saat ini telah ditemukan banyak bahan kimia lain yang juga bisa ditambahkan dalam parfum.
Salah satu parfum yang paling dikenal di dunia adalah Channel No. 5. Parfum ini diberi nama demikian karena saat sedang diuji coba, botol wadahnya diberi label nomor 5.
Saat ini berbagai rumah desainer terkemuka juga terjun dalam bisnis parfum. Christian Dior misalnya, menawarkan beberapa parfum termasuk: J’adore, Diorella, Diorissimo Dolce Vita, Miss Dior, dan Diorissimo.
Selebriti juga mulai meminjamkan namanya menjadi merek parfum seperti “Lovely,” oleh Sarah Jessica Parker.
Agar aroma parfum tetap terjaga, pastikan untuk menyimpan botol parfum jauh dari suhu tinggi dan cahaya matahari langsung.
Harga parfum bervariasi mulai dari beberapa puluh ribu hingga hampir 2 milyar rupiah untuk parfum Imperial Majesty, dengan aroma khusus oleh Clive Christian.
Parfum ini dikemas dalam sebuah botol kristal Baccarat yang dihiasi dengan berlian lima karat dan kerah botol yang terbuat dari emas


Maksimal Menggunakan Parfum

Maksimal Menggunakan Parfum Gadis

Parfum memang jadi senjata andalan agar tetap pede. Nggak cuma itu, parfum juga bisa jadi magnet agar orang-orang disekelilingmu betah. 

Biar tetap wangi, kamu bisa ikuti tip berikut ini.

Sesuaikan dengan body lotion
Bila akan memakai parfum, sesuaikan wangi body lotion dan wangi parfum agar tidak saling “tabrakan”. Selain itu, sebaiknya gunakan body lotion terlebih dahulu sebelum menyemprotkan parfum. Karena, harum dari body lotion dapat mengurangi keharuman parfum.

Semprotkan parfum pada kulit
Sebaiknya, parfum tidak disemprotkan pada pakaian. Karena pada jenis parfum tertentu, akan menimbulkan noda, meninggalkan tanda seperti tetesan air dalam waktu yang lama.

Semprotkan parfum pada bagian tubuh yang tepat
Semprotkan parfum di bagian pergelangan tangan bagian dalam, siku lengan bagian dalam, belakang telinga, dada dan leher. Karena, di tempat-tempat tersebut membuat wangi dari parfum bertahan lebih lama.

Jangan menggosokan kulit sesudah menyemprotkan parfum
Kebiasaaan sebagian orang adalah menggunakan parfum pada pergelangan tangan bagian dalam lalu menggosok-gosokkan kedua pergelangan tangan. Cara ini sebenarnya akan menghilangkan wangi dari parfum itu sendiri. Jadi, biarkan parfum mengering dengan sendirinya.

Jangan menggunakan aksesoris atau perhiasan sebelum menggunakan parfum.
Karena kadar alcohol yang tinggi, semprotan parfum dapat membuat aksesoris dan perhiasan berubah warna. Sehingga, aksesoris tidak terlihat menarik.

Gunakan parfum sewajarnya
Pemakaian parfum yang berlebihan bisa membuat orang disekitamu menjadi pusing. Gunakan parfum sesuai dengan kulitmu. Untuk kamu si kulit kering membutuhkan semprotan parfum yang lebih banyak. Sedangkan bila kulit berminyak, cukup semprotkan parfum sedikit saja.

Simpan parfum ditempat yang tepat
Pastikan parfum kamu tertutup dengan rapat. Simpan parfum di tempat yang kering dan sejuk serta terhindar dari sinar matahari. Perlu diketahui bahwa dalam jangka waktu lama aroma parfum dapat berubah. Maka sesuaikan ukuran isi parfum dengan kebutuhan Anda, agar parfum tidak tersimpan terlalu lama dan mengubah aroma menjadi tidak lagi harum.

Serba Parfum

Serba Parfum Gadis

Tahu nggak? Ada tiga lapisan parfum. 

Bagian pertama adalah Top Notes yang merupakan lapisan parfum yang dapat menguap dan yang memberikan kesan pertama ketika disemprotkan. Lalu ada Middle Notes dengan wangi yang akan semakin lembut dan lebih enak setelah dua menit hingga satu jam setelah pemakaian. Dan lapisan paling dasar adalah Base Notes yang merupakan essence dan wangi yang sebenarnya. Biasanya akan tercium +/- 30 menit setelah pemakaian dan bisa awet  sampai 24 jam.

Terus supaya mendapatkan parfum yang paling pas buat kamu, kuasai trik mencoba parfum ini: 
  1. Cobalah parfum dengan menyemprotkannya pada kertas sample.
  2. Kalau suka dengan baunya pada kertas sample, cobalah pada pergelangan tangannmu, lalu cium lagi baunya. Kalau baunya kuat, itu karena yang kamu cium adalah lapisan parfum yang pertama. Tunggu beberapa menit, lalu cium lagi setelah alkohol pada top notes sudah mulai hilang.
  3. Semprotkan parfum yang berbeda pada pergelangan tanganmu yang lain untuk memutuskan membeli yang mana.
Dan supaya wanginya tambah oke , pakai parfummu di sini:
  • Pada titik-titik nadi seperti di pergelangan tangan bagian dalam dan leher. Panas tubuh di daerah itu bikin parfum lebih tahan lama.
  • Pada siku, tengkuk leher, di belakang lutut! Meski nggak kamu duga, memakai parfum di area ini bikin wanginya lebih cepat tercium. 

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.