Sunday, February 17, 2013

Fakta Unik seputar Kupu-Kupu


Kupu-kupu mungkin binatang kecil paling cantik yang ada hingga saat ini. Dibalik kecantikannya ternyata ada fakta-fakta unik yang mungkin belum pernah Anda tahu. Berikut beberapa diantaranya:

1. Memiliki 1200 mata 
Kupu-kupu memiliki mata majemuk berjumlah 1200. Berbentuk belahan bola yang membengkak di atas kepalanya.

2. Kaki sebagai indera perasa 
Lain dengan manusia yang menggunakan lidah sebagai indera perasanya, kupu-kupu menggunakan kakinya. Sebelum menghisap madu kesukaannya, kupu-kupu akan merasakan terlebih dahulu madu tersebut dengan kakinya.

3. Mulut 
Kupu-kupu memiliki mulut panjang untuk menghisap yang disebut mulut probosis. Namun beberapa jenis spesies kupu-kupu tidak memiliki mulut sehingga tidak pernah makan. Kupu-kupu jenis ini bertahan hidup hanya dengan energi yang dia kumpulkan saat masih dalam bentuk kepompong.

4. Suhu tubuh 
Kupu-kupu hanya bisa terbang bila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.

5. Penerbang handal 
Kupu-kupu mampu terbang hingga ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat (tropis) ketika musim dingin tiba dan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba.

6. Sayap yang indah 
Kupu-kupu tergolong dalam ordo Lepidoptera, yaitu serangga bersayap sisik. Sayap kupu-kupu sebenarnya transparan, namun karena perbedaan kecerahan di setiap lapis tipis sayapnya, sehingga sayap kupu-kupu tampak indah berwarna-warni.

7. Ukuran tubuh 
Ukuran kupu-kupu berkisar antara seperdelapan inchi hingga 12 inchi.

8. Metamorfosis sempurna 
Kupu-kupu merupakan serangga holometabola yang mengalami metamorfosis sempurna. Dimulai dari Telur → Ulat → Kepompong → Kupu-kupu.

9. Umur 
Kupu-kupu dewasa hanya mampu bertahan hidup selama seminggu hingga hampir setahun tergantung pada spesiesnya.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.