Saturday, May 25, 2013

Mengenal Tampilan Belakang Kartu Kredit



Menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran untuk sebuah transaksi sekarang banyak dilakukan setiap masyarakat karena proses nya sangat mudah dana cepat. Dengan kartu kredit ini juga bisa dijadikan sebagai alat transaksi dengan cara kredit yang dalam proses pelunasan nya dilakukan secara mencicil. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mengajukan permohonan untuk memiliki kartu kredit. Namun tidak jarang dari pengguna kartu kredit hanya bisa menggunakan tanpa bisa untuk membayar kembali kepada bank. Banyak kasus seperti, dan tidak jarang para bank akan menagih secara paksa dengan mendatangi langsung nasabah yang memiliki kasus seperti itu.
Mengenal Tampilan Belakang Kartu Kredit
Mengenal Tampilan Belakang Kartu Kredit
Nah, untuk menghindari hal tersebut ada baiknya untuk lebih memperhitungkan antara pengeluaran dengan penghasilan apabila ingin menggunakan kartu kredit. Untuk pengetahuan seputar kartu kredit sangat diperlukan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengajukan permohonan kartu kredit. Salah satu pengetahuan tentang kartu kredit yang dibutuhkan adalah mengenal karakteristik dengan memperhatikan tampilan depan kartu kredit dan tampilan belakang kartu kredit. Seperti yang kita ketahui semua, baik bentuk dan tampilan kartu kredit ini sama dengan kartu atm atau debit. Namun untuk tampilan belakang kartu kredit ini jika melihat sekilas adalah sama dengan kartu plastik lainnya seperti kartu atm. Namun pada kenyataan nya semua hal yang ada di bagian belakang pada kartu kredit ini berbeda, karena pasti ada perbedaan yang sangat mendasar pada bagian belakang kartu kredit dengan kartu atm atau debit.
Berikut hal-hal yang diperhatikan dalam mengenal tampilan belakang kartu kredit sebelum sebagai informasi tentang kartu kredit sebelum memutuskan untuk mengajukan permohonan kartu kredit :
  • Pita Magnetik Kartu Kredit. Pita magnetik yang terlihat pada tampilan belakang kartu kredit ini sama dengan kartu atm / debit. Pita magnetik ini berfungsi sebagai merekam beberapa data penting nasabah kartu kredit ini. Data penting nasabah tersebut seperti nomor pin, nama nasabah, alamat nasabah, limit kartu kredit, saldo tagihan. Pita magnetik ini jika di raba dengan tangan akan terasa halus, karena baha pembuatan nya sama dengan pita kaset atau lembaran dari harddisk computer. Namun pita magnetik ini akan mudah sekali rusak, dan semua data akan terhapus. Untuk itu, jika mengalami kerusakan, anda bisa langsung menghubungi bank yang mengeluarkan kartu kredit dan meminta mengganti kartu kredit tersebut.
  • Panel Tanda Tangan. Pada bagian belakang kartu kredit, ada bagian untuk para nasabah untuk membubuhkan tanda tangan di dalamnya. Bagian tersebut di namakan dengan panel tanda tangan, dan untuk semua jenis kartu kredit dan kartu atm akan ada panel tanda tangan ini di bagian belakang kartu. Panel tanda tangan ini biasa nya berwana putih dan berada di bawah dari pita magnetic. Biasanya nasabah kartu kredit akan menandatangani nya pada saat menerima kartu kredit sebelum bisa digunakan.
  • 3 Digit Pengaman Kartu Kredit. Khusus untuk kartu kredit akan selalu ada 3 digit angka yang berfungsi sebagai pengaman kartu kredit. Berbeda dengan bagian depan kartu kredit yang dipasang chip untuk pengaman kartu kredit. 3 digita angka ini dinamakan CVV (Card Verification Value), namun untuk jenis kartu kredit yang ada di masa lalu tidak akan ditemukan hal ini. Pengaman kartu kredit dengan 3 digit ini untuk menghindari kejahatan untuk membobol kartu kredit tersebut.
  • Logo dan Identitas Bank Penerbit Kartu Kredit. Di bagian belakang kartu kredit ini aka nada logo, nama dan alamat bank selaku pihak yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Ini dimaksudkan, jika kartu kredit tersebut hilang dan si penemu nya dapat dengan mudah untuk mengembalikan kepada pihak bank.
  • Logo Mitra Kartu Kredit. Kartu kredit juga memiliki rekanan bank atau perusahaan pembayaran dan logo mitra kartu kredit ini akan ditampilkan di bagian belakang kartu kredit. Biasanya mitra kartu kredit yang banyak ada di kartu kredit seperti Cirrus / PLUS. Cirrus untuk Master Cards, sedangkan PLUS untuk VISA. Logo ini dimaksudkan agar memudahkan kartu kredit anda dapat dikenal mesin-mesin ATM pada saat ingin menarik uang tunai.
  • Hologram Kartu Kredit. Untuk jenis kartu kredit yang memiliki hologram, seperti Master Cards yang diletakkan di bagian depan kartu kredit. Sedangkan untuk VISA, biasanya akan terlihat di bagian belakang kartu kredit. Untuk hologram ini semua jenis kartu kredit akan memilikinya.
Semoga informasi mengenal tampilan belakang kartu kredit dapat bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.