Tuesday, January 13, 2015

Chessboxing : Olahraga Tubuh dan Pikiran


Inilah buktinya sebuah olahraga yang benar-benar menggabungkan kemampuan otak dan fisik. Catur tinju, merupakan kombinasi olahraga yang terdengar aneh untuk sebagian orang, tapi bagi penggemarnya merupa-kan sensasi “pertempuran” dalam berolahraga. Anda pasti akan berfikir bahwa pemain dituntut benar-benar tangguh secara kecerdasan, mental dan fisik.
Pernah terbayangkah oleh anda menggabungkan dua olahraga sekaligus? Sebelumnya pernah kita ketahui bahwa adanya olahraga sepak bola digabung dengan sepeda, lalu olahraga renang yang juga digabungkan dengan hoki. Nah, apa jadinya jika dua macam olahraga yang cukup kontroversi harus digabungkan jadi satu. Seperti yang akan anda kenali saat ini dimana catur dan tinju menjadi satu permainan, bahwa tinju benar-benar menggunakan kekuatan fisik, dan catur yang benar-benar menggunakan kemampuan berpikir dengan baik.
APTOPIX Germany Chess Boxing
Germany Chess Boxing
Adalah Chessboxing atau kita kenal dengan catur tinju, yang mana pertama-tama pemain harus melakukan permainan catur dan selanjutnya tinju dan begitupun seterusnya. Catur tinju memiliki 11 babak dalam 1 pertandingan, yakni 6 babak catur dan 5 babak tinju. Untuk satu babak catur membutuhkan waktu 4 menit saja, dan untuk satu babak tinju membutuhkan waktu 3 menit. Dalam melakukan pergantian permainan pemain hanya diberikan waktu 1 menit bagi mereka mempersiapkan peralatan pertandingan selanjutnya.
Bentuk permainan catur yang digunakan adalah catur cepat, dimana setiap pemain memiliki total 12 menit untuk keseluruhan pertandingan. Para pemain diwajibkan memakai headphone selama pertandingan catur berlangsung, hal ini dikarenakan agar meraka tidak mendengarkan bantuan dari para penonton atau komentar catur. Kemenangan pertandingan ditentukan oleh skakmat atau melebihi batas waktu yang terdapat di dalam pertandingan catur. Jika pertandingan catur menemui jalan buntu, maka skor tertinggi dalam putaran tinju yang akan memenangkan pertandingan. Pemain jelas-jelas dinyatakan kalah apabila mengundurkan diri untuk kedua permainan itu.
Selanjutnya, pemain juga kalah apabila KO dalam babak tinju. Ataupun skor dalam babak tinju tetap dihitung oleh wasit sebagaimana layaknya tinju-tinju professional. Peralatan yang digunakan dalam pemainan tinju ini tentunya sama dengan perlengkapan tinju lainnya.
Germany Chess Boxing
Chess Boxing
Sekilas mengenai sejarah berdirinya catur tinju, dimana pertama kali Chessboxing terlihat di sebuah klub tinju di London Selatan, Inggris yang dimainkan oleh dua bersaudara yaitu James danStewart Robinson. Mereka berdua adalah petinju amatiran yang juga berasal dari klub Chess Playersdi London. Konsep olahraga modern catur tinju ini akhirnya pertama kali difilmkan pada tahun 1979 melalui film seni bela diri yang diputar di Hongkong, China yang berjudul “The Mystery Of Chessboxing”, dan selanjutnya pada tahun 1991 juga dibuat film dengan bahasa Finlandia yang berjudul Uuno Turhapuro.
Berselang kira-kira 10 tahun kemudian, sekitar tahun 2003 terdengar kabar bahwa seseorang seniman asal Belanda bernama Iepe Rubingh membuat olahraga ini menjadi benar-benar hidup dengan dimainkan oleh manusia. Padahal awalnya, ia terispirasi oleh komik fiksi bercerita olahraga dari penulisan Enki Bilal, seorang komikus asal Perancis.
Melihat perkembangannya yang cukup pesat, Rubingh dan beberapa orang terkait kemudian mendirikan organisasi yang mengatur catur tinju di seluruh dunia yakni World Chess Boxing Organisation (WCBO) yang didirikan di Berlin, Jerman. Pada tahun-tahun berikutnya organisasi catur tinju ini muncul di lebih banyak negara. Anggota terbarunya adalah negara Iran, dengan klubnya bernama Iran Chess Boxing Organisation (ICBO) dari sebelumnya negara-negara yang telah mengadakan pertandingan Chessboxingdi seluruh dunia adalah Jerman, Amerika, Jepang, Perancis, Belanda, India, Russia.
Kejuaraan Eropa dan Dunia
ChessBoxing International
ChessBoxing International
Kejuaraan tingkat Eropa olahraga ini pertama kali diadakan di Amsterdam pada tahun 2003 dan dimenangkan oleh Iepe Rubingh sendiri. Lalu piala Eropa (European Chess Boxing Championship) pertama kali diadakan di Berlin pada 1 Oktober 2005 yang dimenangkan oleh Tihomir Atanassov Dovramadjiev dari Bulgaria dengan mengalahkan Andreas D’Scheneider dari Jerman setelah mengakui kekalahan pada ronde ke 7. Lalu pada 5 Juli 2008, kejuaraan tingkat dunia diadakan di Berlin, Jerman untuk kelas menengah pada final pertarungan antara Frank Stoldt (37) dari Jerman melawan Nikolay Sazhin (19) dari Rusia. Stoldtsebelumnya meraih gelar juara di tingkat menengah pada tahun 2007 setelah mengalahkanDavid Depto dari Amerika. Namun pada pertandingan itu akhirnya dimenangkan oleh seorang mahasiswa matematika Nikolai Sazhindengan mengalahkan Frank StoldtStoldt dinyatakan kalah telak setelah mengundurkan diri pada babak ke-5 yang mana ia telah kehilangan Ratu dalam babak catur.
Saat ini catur tinju telah menarik lebih dari 300 pesaing professional, dan bahkan olahraga ini  mendapat pujian dari petinju dunia kelas berat Lennox LewisWCBO yang kini memiliki pusat pelatihan di Berlin, London, Sofia, Bulgaria, mengkleim bahwa mereka adalah klub olahraga yang intelektual.
chessboxing-female
Female Chessboxing
Female Chessboxing
Tidak berbeda dengan olahraga lainnya, catur tinju juga digemari oleh para wanita. Bahkan, bukan tidak mungkin akan direncanakan pertandingan catur tinju antara pria dan wanita. Sebagai sebuah olahraga yang sudah masuk dalam kebudayaan pop ini, keikutsertaan wanita dalam kejuaraan catur tinju diadakan tidak lama setelah organisasi catur tinju diresmikan pada waktu itu.
Tercatat seorang wanita selaku instruktur kebugaran bernama Ruthie Wright telah menjadi juara di London, Inggris untuk kejuaraan tinju kelas terbang.  Dia adalah perempuan pertama yang kompetitif hingga akhirnya menjuarai catur tinju untuk wanita. Ruthie mengalahkan lawannya yakni Jenny-Anne Dexter yang diketahui adalah pemilik sabuk hitam tae kwondo. Kemenangangan Ruthie diperoleh setelah Anne Dexter mengalami cidera leher dan akhirnya KO.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.