Wednesday, September 25, 2013

Ayam ini daging dan tulangnya berwarna hitam





Apakah Anda pernah mendengar tentang ayam yang memiliki daging berwarna hitam? Ada beberapa jenis ayam di Asia yang memang memiliki daging, tulang, dan bahkan organ internal yang berwarna hitam. Salah satunya yang terkenal adalah ayam Silkie di China.

Silkie adalah sejenis ayam memiliki bulu halus yang lembut dan indah. Namun, ada hal menarik yang membuat silkie berbeda dari jenisnya, yakni tulang, organ dalam, kulit, dan daging ayam tersebut berwarna hitam pekat. Di China, silkie disebut wu gu ji atau ayam bertulang hitam, dan tergolong dalam produk makanan mahal.
Sebagaimana dilansir Odditycentral, silkie telah dikonsumsi sebagai makanan obat sejak abad ketujuh dan kedelapan. Wanita China mengonsumsi daging Silkie setelah mereka melahirkan guna mendapatkan pasokan energi. Selain itu, wu gu ji juga dipercaya memiliki efek positif pada yin, darah, paru-paru dan perut.

Daging Silkie jarang sekali dipanggang. Untuk mendapatkan khasiat dari daging burung ini, masyarakat China biasa menggunakannya untuk membuat kaldu yang dicampur dengan ginseng, dan rempah lainnya. Menurut sebuah studi genetik yang dipublikasikan pada tahun 2011, sifat unik dari Silkie dikenal sebagai fibromelanosis, yang disebabkan oleh mutasi genetik yang tidak biasa.
Photo: Global Times
Orang-orang mengonsumsi ayam silkie untuk meningkatkan massa otot, mengurangi efek penuaan dan mengurangi penyakit seperti diabetes atau autisme. Penelitian telah menunjukkan ayam hitam adalah salah satu sumber carnosine terbesar. Rasa daging ayam silkie sedikit berbeda dengan daging ayam pada umumnya. Namun, kebanyakan orang yang telah mengonsumsinya mengatakan bahwa rasa daging silkie sangat manis.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.